Sambut Piala Adipura

Berlakukan Sanksi Moral Bagi Pelanggar

bandungekspres.co.id – Wacana Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang akan menggelar Piala Adipura atau lomba kebersihan tingkat kelurahan di tahun 2016 disambut baik sejumlah camat. Salah satunya, Camat Bojong Loa Kaler Emin Wihatma Putra yang langsung menginstruksikan lurah hingga penguruh RT untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Menurut Emin, program Piala Adipura ini bukan saja membuat lingkungan bersih akan tepai bisa membuat warga jauh dari penyakit.

’’Sebagai sanksi siapapun warga yang tertangkap tangan (membuang sampah sembarangan) akan di foto. Dan foto mereka akan dipajang di spanduk ukuran besar, biara mereka memiliki rasa jera,’’ kata Emin kepada Bandung Ekspres saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (6/1).

Selain agar menjaga kebersihan di wilayah, Emin berharap, agar setiap lurah yang ada di wilayahnya meningkatkan fasilitas publik. Dia berharap agar setiap rumah bisa membuat kebun (green house). Menurutnya sejak enam bulan lalu, di RW 05 Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Bojong Loa Kaler ini, sudah ada program marab biopori yaitu sisa sisa sampah yang direcah untuk dijadikan pupuk.

’’Marab biopori ini memanfaatkan sisa sisa sampah yang bisa dimanfatkan untuk dijadikan pupuk,’’ paparnya.

Lebih lanjut, Emin menegaskan, dalam meraih Piala Adipura ini, ada beberapa wilayah yang menjadi andalannya. Antara lain Jalan Protokol danAliran sungai, di mana warga selalu bekerja bakti untuk membersihkan setiap jalan protokol dan beberapa sungai yang berada diwilayah Bojong Loa Kaler.

’’Kerja bakti bersama di lingkungan ini merupakan agenda rutin yang biasa dilaksanakan bersama sama masyarakat. Dan bukan karena adanya lomba Adipura saja,’’ pungkasnya. (dn/fik)

Tinggalkan Balasan