Shanty Paredes: Lagu Naik Delman

BANYAK cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan kemegahan Indonesia kepada orang lain, terlebih kepada anak sendiri. Tapi, cara yang dilakukan penyanyi Shanty Paredes untuk memperkenalkan Indonesia kepada anak-anaknya mungkin cukup unik.

Shanty Paredes
Shanty Paredes

Perempuan yang kini berdomisili di Hongkong tersebut menyatakan bahwa kedua anaknya, Arjuna dan Enrico, lebih banyak terpapar bahasa serta kebudayaan selain Indonesia. Maklum, dua anaknya tersebut sejak lahir hingga kini berada di Hongkong.

Namun, Shanty tidak cukup rela jika kedua anaknya sama sekali tak mengenal tanah airnya. Karena itu, sedikit strategi unik dia lakukan untuk membuat dua anaknya –yang masing-masing berusia lima dan tiga tahun– tersebut sedikit demi sedikit melek budaya Indonesia. ”Lewat aku nyanyikan tembang anak-anak Naik Delman,” kata Shanty saat dijumpai di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Meski tidak mudah, Shanty terus berusaha. Tidak cukup dengan Naik Delman, Shanty juga sering menyanyikan lagu anak-anak lainnya berjudul Cicak-Cicak di Dinding dan Lihat Kebunku. ”Buku cerita atau dongeng berbahasa Indonesia juga saya bawain dari kampung halaman. Mumpung di usianya saat ini mereka bisa menyerap banyak bahasa. Sekarang sedikit bahasa Spanyol, Inggris, dan Mandarin mereka bisa,” ucapnya.

Cara-cara tersebut dirasa ampuh oleh Shanty untuk memperkenalkan dua buah hati kesayangannya itu kepada Indonesia. Namun, ada yang paling ampuh lagi. Yakni membawa keduanya pulang ke kampung halaman di Sukabumi, Jawa Barat.

”Tiap Lebaran kami sempatkan pulang ke Sukabumi. Dan diajak ketemuan saudaranya yang asli Wonosobo,” ujarnya. Pantas saja, tambah dia, jika kedua anaknya dapat mengerti bahasa Jawa meski sedikit. (dod/c9/agm/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan