Infrastruktur Desa Harus Menjadi Prioritas

bandungekspres.co.id– Di Jawa Barat, ternyata masih ada daerah terpencil yang memiliki fasilitas infrastruktur, pelayanan kesehatan dan pendidikan yang kurang memadai. Hal ini terungkap dari kunjungan kerja Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar ke empat desa di wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut.

wagub
YAYAN GUSTYAN/BANDUNG EKSPRES

INTERAKSI LANGSUNG: Wagub Jabar Deddy Mizwar disambut warga saat kunjungan di Desa Stamplat, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut.

Dia mengaku beberapa fasilitas seperti infrastruktur jalan perlu perbaikan agar pertumbuhan perekonomian antar desa-desa menjadi lancar. ”Tadi sepajang jalan yang kita lalui, merasakannya dari Desa Neglawangi Kecamatan Sukasari, Desa Stamplat Kecamatan Pamulihan Kabupaten Garut, Desa Panawa Kecamatan Pamulihan sampai Kecamatan Pakenjeng akses jalannya sangat buruk,” jelas Deddy ketika ditemui di sela kunjungan kerja ke wilayah tersebut (2/1).

Deddy berpendapat, walaupun kewenangannya bukan pada Provinsi Jabar, tapi keadaan dan kondisi jalan seperti ini perlu diperbaiki. Tetapi Provinsi Jabar bisa saja memberikan anggaran bantuan langsung asalkan pemerintah daerah terkait mengusulkannya.

Selain itu, beberapa pertanyaan dan berbagai keinginan warga yang disampaikan dari empat desa tersebut memiliki empat poin penting. Yaitu perbaikan infrastruktur jalan, pemerataan guru beserta kesejahteraannya serta peningkatan fasilitas pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Deddy menuturkan, beberapa permintaan yang dilontarkan dari hasil kunjungan di empat desa tadi akan segera diakomodir. Kemudian, segera dilaksanakan pembangunannya pada tahun ini dan 2017. Kendati begitu, usulan yang disampaikan nanti tidak serta merta akan dipenuhi secara keseluruhan, mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki pemprov Jabar.

”Bantuan Provinsi itu banyak disalurkan keberbagai daerah. Jadi apabila nanti bantuan yang diberikan kurang, maka akan diberikan kelanjutannya. Tetapi yang terpenting semangat untuk membangun daerah dari masyarakat itu harus ada,” kata Deddy.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, beberapa upaya percepatan pembangunan masyarakat desa sebetulnya pemerintah pusat sangat serius memperhatikannya. Hal ini dibuktikan dengan telah dikucurkannya sejumlah dana desa, ditambah bantuan dari Kabupaten dan Provinsi sehingga memiliki jumlah cukup besar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan