Sumur Bandung Terjaga dengan Baik

[tie_list type=”minus”]Melacak Asal Usul Pendirian Kota Bandung[/tie_list]

NAMA Kota Bandung diambil dari sebuah sumur yang dikeramatkan bernama Sumur Bandung. Tempat ini merupakan sumur purba yang terbentuk karena suatu keajaiban.

Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kota Bandung Agus Suryadipraja mengatakan, menurut sejarahnya, Sumur ini sebenarnya ada dua lokasi. Keduanya berada tepat di pusat kota. Salah satu sumur ini ada di lantai dasar Gedung PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten di Jalan Ir Soekarno.

Keberadaan Sumur Bandung yang berada di PLN dibiarkan tetap utuh. Dan sebagai bentuk penghormatan dan melestarikannya sumur tersebut diberi penutup berhiaskan mirip mahkota, sehingga tidak tampak seperti sumur.

”Air dari sumur ini sering diambil oleh para pejabat PLN dan masyarakat umum untuk dibawa pulang. Karena menurut kabar, air itu sangat mujarab untuk mengobati berbagai penyakit,” kata Agus kepada wartawan saat ditemui di Padepokan Mayang Sunda Jalan Peta, Bojong Loa Kaler, belum lama ini.

Menurut Agus, Sumur Bandung yang satunya lagi, terletak di bawah Gedung Miramar. Gedung ini lokasinya di seberang gedung PLN atau berjarak sekitar 20 meter. Dulu sempat ada bangunan bekas pertokoan setinggi lima lantai. Tapi, kini telah diratakan dengan tanah. Katanya, areal bekas Gedung Miramar itu akan dibangun sebuah pusat perbelanjaan modern.

”Saya dengar dulu Pemkot Bandung pernah menyerahkan pengelolaannya kepada pihak swasta untuk dikelola menjadi komplek pertokoan modern. Tapi rencana itu tertunda hingga kini, menurut keyakinan akibat adanya kekuatan gaib penunggu sumur itu,” ungkap Agus.

Di tempat terpisah, juru kunci Sumur Bandung Kusnadi memaparkan, pemberian nama aula PLN dengan nama Bale Sumur Bandung. Ada kaitannya deng sosok gaib yang menghuni sumur itu. Karena, sehari sebelum aula itu diresmikan, dewi penghuni sumur sempat membisikan kepadanya dan Heri yang merupakan rekannya.

Setelah melalui komunikasi gaib, penghuni sumur itu meminta agar aula itu diberi nama Bale Sumur Bandung. ”Sebelumnya akan diberi nama Graha Sumur Bandung. Tapi setelah pesan gaib itu di sampaikan kepada pimpinan. Pimpinan menyetujuinya,” ujar Kusnadi.

Tinggalkan Balasan