Musrenbang Jaring Aspirasi Warga

 bandungekspres.co.id– Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Cimahi Tengah beserta pemerintah setempat menjaring aspirasi masyarakat terkait usulan pembangunan pada 2017 mendatang. Hal itu terungkap saat digelarnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di wilayah itu.

LPM
BUBUN MUNAWAR/BANDUNG EKSPRES

TANDA TANGAN: Suasana seusai pelaksanaan Musyawarab Perencanaan Pembangunan di wilayah Kecamatan Cimahi Tengah, kemarin. Pada Acara ini, warga setempat berkesmpatan untuk menyampaikan aspirasinya.

Ketua LPM Kecamatan Cimahi Tengah Irfan Salim mengatakan, Musrenbang merupakan agenda nasional sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan pada 2017. Melalui Musrenbang dari mulai tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga tingkat Kota, LPM bersama Pemerintah melakukan penjaringan atas usulan apa yang disampaikan warga Kecamatan Cimahi Tengah pada tahun anggaran 2017.

”Kegiatan Musrenbang ini merupakan salah satu bentuk penjaringan aspirasi yang berasal dari bawah untuk diusulkan hingga ke tingkat Kota, aspirasi yang muncul berupa pembangunan fisik, sosial budaya, dan ekonomi yang nantinya usulan itu dipadukan dengan kebijakan pemerintah daerah,”sebut Irfan, usai pelaksanaan Musrenbang, di Aula Kecamatan Cimahi Tengah, Rabu (27/1) kemarin.

Dia berharap, DPRD Kota Cimahi bisa melakukan pengawalan atas usulan pembangunan yang disampaikan oleh masyarakat. Sehingga, pemerintah bisa merealisasikan kebutuhan sesuai dengan wilayahnya masing-masing.

Adapun usulan tersebut diantaranya, bidang fisik, seperti menaikan jalan setapak, dan perbaikan dranaise.

Selain itu, ada usulan dibidang pelayanan administrasi kependukan, bidang sosial budaya dan bidang ekonomi terkait peningkatan daya beli, bantuan UMKM, dan Koperasi.

”Peserta Musrenbang juga mengharapkan agar data Rumah Tanggga Sasaran (RTS) dikaji ulang, sehingga akan menjadi tepat sasaran,” ungkapnya.

Irfan berharap, pemerintah daerah bisa meningkatkan komunikasi dengan masyarakat agar tidak terjadi salah paham terkait rencana pembangunan.

”Ada beberapa rencana pembangunan yang bakal dilakukan pada tahun ini, karenanya supaya pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik, sosialisasi kepada masyarakat harus lebih gencar lagi dilakukan, supaya warga lebih mengerti akan pentingnya pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Cimahi Tengah Lili Kartiwa menyebutkan, beberapa rencana pembangunan yang akan dilakukan pada tahun ini sesuai dengan Musrenbang tahun lalu tentang pembangunan Fly Over Padasuka, dan sanggar kesenian. Beberapa kegiatan lain yang telah dilaksanakan pada 2015 diantaranya adalah pembangunan jalan setapak, dranaise pembuatan jembatan MCK, bantuan modal usaha dan keterampilan serta peningkatan bantuan raskin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan