Maksimalkan Semua Segmen Pasar Dalam Negeri

Namun, di sisi lain, dia menyebut beberapa hal masih menjadi ganjalan bagi pertumbuhan ekonomi. Salah satunya peraturan dan kebijakan yang masih tumpang tindih. Hendro beranggapan, pemerintah semestinya mempermudah masyarakat dalam membuka usaha di tanah air. Dia menegaskan, pemerintah harus lebih responsif dalam membuat peraturan yang lebih pro terhadap dunia usaha.

Selain itu, minimnya kualitas sumber daya manusia (SDM) bisa menjadi kendala. Dari sisi neraca perdagangan, jelas Hendro, Indonesia juga mesti berbenah. Anjloknya harga komoditas dunia otomatis membuat ekspor Indonesia yang didominasi ekspor komoditas ikut terjun bebas.

Dia juga mengimbau agar ekspor industri kreatif tetap berjalan baik. Sebab, dia percaya, terakselerasinya industri kreatif akan ikut mendorong tumbuhnya wirausaha baru di tanah air. Dengan begitu, semakin banyak pula lapangan kerja yang terbuka lebar.

Menurut Hendro, hal itu bisa terwujud jika syarat pemerintah dan seluruh sektor terkait mampu memberikan fasilitas bagi wirausahawan. ”Mereka dididik, tetapi juga harus ada panggungnya.”

Dengan kerja sama seluruh pihak, Hendro yakin Indonesia bisa bertransformasi dari negara berkembang menjadi negara maju. Yang penting, lanjut dia, ada keyakinan dari setiap individu bahwa setiap usaha yang dijalankan dengan sungguh-sungguh dan tekun pasti akan membuahkan hasil. (dee/c5/sof/rie)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan