Siapkan 2.000 Batu Akik untuk PON XIX

Potensi Batu Akik Kabupaten Bandung Barat

Jelang penyelenggaraan PON XIX/2016 yang akan digelar di Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat terpilih untuk menyediakan cinderamata batu akik sebagai hadiah bagi para peserta PON. Bahkan, saat ini Kabupaten Bandung Barat sudah menyiapkan 2.000 batu akik.

Laporan Hendrik Kaparyadi, KBB

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman S. Sunjaya yang juga kolektor batu akik siap melego 800 batu akik khusus oncom miliknya untuk semarakkan perhelatan olahraga nasional tersebut.

Maman mengungkapkan rasa bangganya atas kepercayaan kepada Kabupaten Bandung Barat yang dipilih untuk menyiapkan cinderamata pada pergelaran yang besar ini. Sejumlah persiapan dan juga penyediaan Batu Bandung Barat akan segera mungkin disiapkan. ’’Rencananya, ada tiga jenis batu akik yang akan dijadikan cinderamata PON yaitu batu oncom, kalsedon, dan pancawarna. Tiga jenis batu asal Kabupaten Bandung Barat ini menjadi jenis batu unggulan yang akan diberikan pada PON nanti,’’ bebernya, kemarin.

Padahal, Kabupaten Bandung Barat memiliki 21 jenis batu akik lainnya. Namun, dari sekian banyak batu akik yang dimiliki, pihaknya memilih 3 jenis batu saja. Dengan cinderamata ini, lanjut Maman, diharapkan nama Kabupaten Bandung Barat akan semakin dikenal dan membawa nama baik wilayah. ’’Kalau batu akik asal Kabupaten Garut cinderamatanya berupa liontin, maka Kabupaten Bandung Barat dalam bentuk cincin,’’ katanya.

Selain batu akik Bandung Barat, kata Maman, secara khusus ring atau cincinnya bertuliskan KBB dan logo PON XIX dengan bahan dari titaniumpun sudah dipersiapkan. Mentahan cincin itu akan dipahat pada ke dua sisinya. Pemahatan dilakukan oleh tiga orang perajin cincin asal Kabupaten Bandung Barat.

’’Untuk membentuk batu akiknya akan melibatkan banyak perajin. Di Ciburuy saja ada 25 orang warganya yang sudah mengikuti pelatihan keterampilan, membentuk sampai memoles batu akik. Bahan bakunya sudah siap,” kata Maman yang juga pembina organisasi Asosiasi Batu Bandung Barat.

Diungkapkan Maman, sementara ini cincin batu akik baru sebatas untuk atlet dan ofisial yang cabang olahraganya dipertandingkan di Kabupaten Bandung Barat. Untuk penyelenggaraan PON XIX, Kabupaten Bandung Barat menjadi tuan rumah untuk cabang olahraga ski air, paralayang, berkuda, balap sepada, dan sepeda gunung. ’’Karena potensi batu akik di Kabupaten Bandung Barat sangat besar, tidak salahnya jika cincin batu akik dijadikan sebagai cinderamata untuk seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan di PON,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan