Pembangunan Sekolah Dialihkan

bandungekspres.co.id– Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat memutuskan untuk menunda pembangunan SMPN 6 di Jalan Peneropongan Bintang No 52 Kecamatan Lembang yang berdekatan dengan SDN Pancasila pasca adanya penolakan dari orangtua murid serta Ketua Komite Sekolah SDN Pancasila. Rencanannya, pembangunan sekolah akan dipindahkan ke wilayah   Cihampeulas serta akan membangun juga di wilayah Cipeundeuy.

Kadisdikpora Kabupaten Bandung Barat Agustina Piryanti menyatakan, pembangunan SMPN 6 Lembang ditunda terlebih dahulu lantaran adanya penolakan. Pembangunan sekolah akan dialihkan ke kecamatan lain. ’’Kita membangun sekolah mencari yang aman dan kondusif. Bila ada penolakan, tentu kita pindahkan ke wilayah lain,” tegas Agustina di Ngamprah, kemarin.

Pasca adanya penolakan, lanjut dia, pihaknya langsung melakukan konsolidasi dengan berbagai unsur. Selanjutnya, pihaknya tidak akan mengganggu lahan SDN Pancasila. Hal ini dilakukan agar dalam proses pembangunan tidak menimbulkan masalah. ’’Sebetulnya pembangunan SMPN 6 ini memang dibutuhkan. Karena, saat ini jumlah siswa dari SMPN 6 sebanyak 180 siswa masih ikut belajar di SMPN 2 Lembang selama 5 tahun,” tukasnya.

Pembangunan SMPN 6 Lembang rencananya akan dibangun di tahun 2016 yang bersumber dari anggaran bantuan gubernur dan Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat. Jika tidak ada penolakan, tentu sekolah ini akan memudahkan masyarakat terutama lokasi sekolah tidak jauh dan mudah diakses oleh para siswa. ’’Sebetulnya rencana pembangunan SMPN 6 ini tidak di lahan SDN Pancasila, tapi berdiri di lahan milik desa. Bahkan, sudah dikomunikasikan juga dengan pak kades soal pembangunan sekolah ini,” ujarnya.

Agustina menuturkan, saat ini permintaan pembangunan sekolah sudah banyak yang mengusulkan. Seperti usulan beberapa kepala desa untuk membangun sekolah di sejumlah titik di Kabupaten Bandung Barat. Permintaan pembangunan mulai dari SMPN 3 Cisarua, SMPN 4 Cipeundeuy dan SMPN 4 Cikalongwetan. ’’Masih banyak yang memerlukan untuk dibangun sekolah. Bahkan para kades juga sudah ada yang siap menyediakan lahan hingga 10 ribu meter persegi untuk pembangunan sekolah,” ungkapnya.

Sebelumnya, ratusan siswa bersama para alumni dan wali murid SDN Pancasila menolak rencana pembangunan SMPN 6 di lahan SDN Pancasila. Mereka menggelar aksi penolakan dengan membubuhkan tanda tangan dalam sebuah spanduk bertuliskan ’Penolakan Pembangunan SMP Negeri 6 Lembang di lingkungan SD Negeri Pancasila’ yang kemudian mereka bentangkan di lapangan lingkungan sekolah sebagai bentuk perlawanan agar pembangunan SMPN 6 tidak jadi dilakukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan