Eksplor Kekayaan Alam Tanah Air

bandungekspres.co.id– Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menghadiri pembukaan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus Batujajar. Hadir dalam acara tersebut Komandan Jenderal Kopassus Mayor Jenderal Muhammad Herindra, Bupati Bandung Barat Abubakar, dan Kapolres Cimahi Ajun Komisaris Besar Ade Ary Syam Indrady. Ekspedisi kali ini mengusung tema ’Peduli dan Lestarikan Alam Indonesia’.

Ekspedisi NKRI 2016 merupakan ekspedisi yang ke-6 kalinya dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia, antara lain Ekspedisi Bukit Barisan di Sumatera (2011), Ekspedisi Khatulistiwa di Kalimantan (2012), Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi (2013), Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara (2014) serta Ekspedisi NKRI Kepulauan Nusa Tenggara (2015).

Seperti ekspedisi-ekspedisi sebelumnya, tujuan kegiatan tahun ini masih sama yakni mendata dan memetakan semua potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM), mendorong peningkatan kesejahteraan sosial, menumbuhkan rasa cinta tanah air, juga meningkatkan pertahanan keamanan nasional.

Dalam pembekalannya, di hadapan ribuan peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat, Puan menginginkan, hasil dari ekspedisi 2016 ini harus lebih baik dari sebelumnya meski medan alamnya dikenal berat, jauh lebih menantang dibandingkan geografis lima ekspedisi terdahulu. ’’Keikutsertaaan peserta dalam ekspedisi tahun ini semua yang terlibat harus bisa memberikan dan menceritakan tentang berbagai hal di Papua Barat. Ini menjadi tugas para peserta dalam mengeksplor kekayaan alam kita yang sangat berharga bagi Indonesia ke depan,” kata Puan.

Ekspedisi Koridor Papua Barat 2016 pun, lanjut Puan, sejalan dengan program pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo yang menginginkan adanya keseimbangan pembangunan di Indonesia timur supaya sejajar dengan Pulau Jawa.

Jika dilihat dari kondisi sekarang, Puan berpendapat bahwa anggaran infrastruktur untuk Indonesia timur khususnya Papua sangatlah besar, namun hasilnya tidak sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat. ’’Saya inginkan hasil ekspedisi tahun ini bisa memberikan kesejahteraan bagi rakyat di Papua Barat,” jelasnya.

Saat mengeksplor kekayaan alam di Papua Barat, dirinya juga berpesan agar kondisi alamnya jangan sampai dirusak apalagi jika kekayaan alam di sana ternyata dijadikan souvenir yang dibawa pulang oleh para peserta Ekspedisi Koridor Papua Barat ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan