Fokus Tatap Popda 2016

bandungekspres.co.id– Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti) Kota Cirebon kembali fokus dalam pembinaan atlet junior. Hasil minim di New Armada Cup X/2016 yang berlangsung di Magelang, Jawa Tengah, akhir pekan lalu menjadi pelajaran berharga. Kini, mental para petenis ditata kembali untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jabar 2016.

petenis
SIAP-SIAP: Atlet tenis nasional saat menjalani latihan, belum lama ini.

Di Magelang, Kota Cirebon hanya meraih satu perunggu dari Timothy yang turun di nomor ganda putra berpasangan dengan Zidny. Sisanya, para petenis hanya finis diperingkat delapan dan 16 besar. Kendati raihan prestasi minor di Magelang, pelatih utama Pelti Kota Cirebon Cepi Syafrudin tak terlalu memikirkannya.

Menurut dia, persiapan jelang Popda yang akan digelar di Kabupaten Bogor, Mei mendatang, jauh lebih penting. ”Kita masih punya misi lebih besar. Popda menjadi kompetisi sebenarnya untuk membuktikan kualitas kita di Jawa Barat. Makanya, persiapan akan terus dimaksimalkan,” katanya.

Dalam menjalankan misi menuju Popda, Pelti bekerjasama dengan Klub Olahraga Pelajar (KOP) Tenis Lapang Kota Cirebon. Ada delapan petenis yang sudah disiapkan, terdiri dari empat petenis putra dan empat petenis putri. Namun, Cepi memastikan tim masih bongkar pasang.

Menurut dia, masih ada kemungkinan terjadi perombakan dalam tim mengingat masih ada waktu untuk seleksi pemain. ”Kita masih mencari komposisi terbaik. Di Popda ini materi tim harus dipilih dari yang terbaik. Sebab, kita bertanding hanya dalam nomor beregu,” terangnya.

”Kalau kualitas antar atlet ada gap yang jauh, maka kita akan sulit bersaing. Sebab, kekalahan salah satu pemain akan mempengaruhi poin kita sebagai tim. Saya harap, April nanti tim sudah terbentuk dan tidak berubah lagi,” tambahnya.

Di Popda, kontingen tenis lapang belum pernah sekalipun meraih medali emas. Capaian terbaik pada pesta olahraga pelajar terbesar di Jawa Barat itu terjadi pada tahun 2008. Saat itu, tim tenis lapang putra menyabet medali perak untuk Kota Cirebon.

”Persaingannya memang tidak mudah. Dua tahun lalu, kesempatan kita meraih medali terlepas setelah tim putri dikalahkan Kabupaten Bandung dalam laga perebutan juara tiga. Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih baik,” pungkas Cepi. (ttr/asp)

Tinggalkan Balasan