Masih ”Larang” Ibunda Nonton di Stadion

’’Kalau naik pesawat dari Indonesia ke Malaysia kan lebih deket daripada Indonesia ke Jepang. Kultur budaya juga tidak terlalu berbeda jauh. Ongkos yang lebih murah juga jadi pertimbangan saya kok,’’ tutur Andik sembari tertawa.

Meski terkenal patuh kepada orang tua, ada satu momen yang hingga kini masih menjadi hal “tabu” bagi Andik kepada orang tuanya. Andik selalu melarang sang ibunda untuk menonton langsung di stadion.

’’Saya selalu ndak boleh sama Andik buat nonton. Wis ojo ndelok aku main yo Bu. Nek sampek ndelok, aku gak sido main (sudah jangan nonton aku main ya Bu. Kalau sampai nonton, aku ga jadi main),’’ ujar Jumaiyah menirukan ucapan anaknya saat melarang melihatnya bertanding..

Hal tersebut tidak terjadi saat Andik sudah ngetop seperti sekarang ini. sewaktu masih membela Persebaya pun sang ibu juga tidak diberi izin untuk menonton langsung di tribun stadion.

Alasan yang mendasari Andik untuk melarang sang ibu menonton aksi di lapangan adalah dia tidak ingin melihat ibunya itu histeris. Sebab, sepak bola memang terkenal dengan olahraga yang sangat banyak diwarnai kontak fisik, tidak terkecuali tekling-tekling keras.

’’Saya masih ingat juga saat Andik dilanggar di pertandingan di Jakarta. Mungkin kalau saya ada di tribun sudah teriak-teriak gak karuan melihat anak saya kesakitan seperti itu. Makanya, saya disuruh duduk manis di hotel,’’ lanjut Jumaiyah merujuk kepada penampilan Andik saat memperkuat Indonesia Selection kontra LA Galaxy pada 30 November 2011. Kala itu, dia ditekling oleh David Beckham.

Namun, peristiwa tersebut tidak lantas membuat orang tua kehilangan spirit untuk mendukung bungsu dari empat bersaudara itu dalam berkarir. Mereka tetap memberikan serum antidrop berupa wejangan dan saran agar Andik tetap bisa berkarir gemilang.

Ada satu kejadian unik terkait keingunan kehadiran orang tua saat Andik berlaga. Andik beserta orang tuanya itu sempat menyesal lantaran tidak bisa hadir di pertandingan final Piala Malaysia 2015 antara Selangor FA kontra Kedah pada 12 Desember . Padahal waktu itu Andik sudah berinisiatif untuk mengundang kedua orang tuanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan