Disdukcapil Inovasi Pelayanan Kependudukan

[tie_list type=”minus”]Siapkan Mobil Keliling ke Setiap Tempat[/tie_list]

 bandungekspres.co.id– Tingginya minat warga Kota Cimahi untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, masih belum diimbangi dengan palayanan sarana khususnya ruang pelayanan yang ada.

Pantauan di Disdukcapil Kota Cimahi, antrian warga untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan ini belum bisa diberikan secara maksimal karena keterbatasan ruangan yang ada. Akibatnya, banyak warga yang meluber ke luar ruangan untuk menunggu proses pelayanan adminsitrasi kependudukan baik pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Akta Kelahiran.

Menyikapi kondisi seperti ini, kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Silpil Kota Cimahi HM Suryadi mengungkapkan permintaan maafnya kepada warga Kota Cimahi yang sedikit mengelami kendala dalam pelayanan adiministrasi kependudukan.

”Dalam seharinya ada 100 hingga 150 warga Kota Cimahi yang mengajukan permohonan pelayanan administarasi kependudukan kepada kami, tetapi memang sampai saat ini ruangan yang ada masih belum mampu menampung warga yang datang, sehingga sampai meluber keluar ” jelasnya, Rabu (30/12) kemarin.

Karenanya kata Suryadi, pihaknya akan mencoba pada tahun depan untuk memperluas ruang pelayanan masyarakat yang hendak melakukan pembuatan administrasi kependudukan ini. Agar kondisinya bisa lebih luas dan nyaman, sesuai dengan anggaran yang ada. Melubernya warga untuk mendapatkan pelayanan ini menunjukan jika kesadaran masyarakat Cimahi sudah cukup tinggi untuk tertib adminsitrasi kependudukan. ”Kesadaran masyarakat ini harus kami apresiasi dengan memberikan pelayanan yang baik serta suasana yang nyaman,” paparnya.

Tak hanya itu, sejak 2013 lalu, Disdukcapil Kota Cimahi sudah dilakukan layanan secara gratis kepada warga Kota Cimahi yang membuat administrasi kependudukan seperti KK, KTP atau akta kelahiran serta admnistrasi kependudukan lainnya. ”Supaya warga bisa mengetahui jika pelayanan di Disdukcapil secara gratis, makanya kami membuat pemberitahuan kepada warga soal pelayanan gratis ini yang kami pampang di tempat pelayanan,” jelasnya.

Selain itu kata Suryadi, pada 2016 pihaknya sudah memprogramkan pelayanan admnisitrasi kependudukan secara terpadu, dimana untuk menjangkau masyarakat secara langsung Disdukcapil akan rutin mendatangkan mobil keliling ke beberapa tempat yang agak jauh dari kantor Pemkot Cimahi. Layanan mobil keliling ini akan difasilitasi dengan perpustakaan keliling serta sarana hiburan, supaya warga yang menunggu pelayanan sambil membaca buku atau melihat hiburan ringan, sehingga suasananya tidak terasa jenuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan