Asah Pemanah Pemula

bandungekspres.co.id– Untuk mempopulerkan olahraga Panahan kepada masyarakat, khususnya pelajar di kota Cimahi, Pengcab Kota Cimahi, Yayasan BPK Penabur serta KONI Kota Cimahi bekerjasama menggelar kejuaraan Panahan untuk pemula. Kejuaraan tersebut digelar di Yayasan BPK Penabur, Jalan Encep Kartawirya, Kota Cimahi.

pemanah
ANCANG-ANCANG: Dua atlet Panahan Jabar saat menjalani latihan. Sementara itu, di Kota Cimahi digelar lomba panahan bagi pemula.

”Digelarnya kerjuaraan ini, atas dasar kerinduan untuk memasyarakatkan olahraga panahan, khususnya di Kota Cimahi dan umumnya di Jawa Barat. Karena, panahan masih kalah populer dari cabang olahraga lain seperti sepakbola, tinju dan bola voli, “ Ujar ketua pelaksana, Novi Andrianto, disela perlombaan, kemarin (21/12).

Total peserta event yang digelar selama tiga hari itu diikuti Sebanyak 110 pemanah pemula terdiri dari SD, SMP, SMA dan Mahasiswa.

Dipilihnya pelajar yang dilibatkan dalam kejuaraan ini, tak lain agar berbagai sekolah di Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Bandung lebih mengenal olahraga ini.

”Makanya kami menjaring usia pemula dari SD, SMP, SMA dan Mahasiswa sebagai peserta, biar mereka yang masih muda kenal sama panahan,” terang Novi.

Novi Andrianto menjelaskan, dalam kejuaraan panahan pemula ini mempertandingkan ronde nasional dinomor kualifikasi dua kali 10 meter dan eliminasi, sistem gugur.

Karena untuk pemula, bagi peserta di tingkat SD dan SMP, jarak target hanya sejauh 10 meter. Sementara untuk tingkat SMA dan Mahasiswa, jarak target sejauh 15 meter.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua KONI Kota Cimahi, Trenggono, mengaku puas melihat animo yang begitu besar dari peserta. Untuk itu, ia berencana akan mengagendakan kejuaraan Panahan yang lebih besar lagi di tahun depan.

”Ternyata pesertanya antusias, sampai ratusan. Makanya nanti akan kami bantu akan mengagendakan kejuaraan panahan tingkat Wali Kota Cup,” katanya.

Lebih lanjut ia mengakui kejuaraan untuk cabang olahraga panahan ini langka diadakan. Bahkan, kejuaraan untuk tingkat pemula belum pernah ada di Jawa Barat.

”Baru di Cimahi yang menggelar kejuaraan panahan untuk pemula, makanya ketika ada kejuaraan panahan, pemanah dari daerah lain banyak datang,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan