Penyandang Disabilitas Ikuti Reli Tongkat

[tie_list type=”minus”]Tempuh Jarak 5 Kilometer[/tie_list]

bandungekspres.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas International yang jatuh 3 Desember, Panti Sosial Bina Netra Wyata Guna bekerja sama dengan Polrestabes Bandung adakan acara yang bertajuk Rally Tongkat 2015, Selasa (8/12).

Sebanyak 325 orang yang dibagi dalam 65 kelompok menempuh jarak kurang lebih 5 kilometer dengan rute yang dimulai Gedung Wyata Guna melalui Jalan Pajajaran, Jalan Cicendo, Jalan Kebon Sirih, Jalan Aceh, Jalan Braga, dan berakhir di Markas Polrestabes Bandung, Jalan Merdeka.

Kepala Panti Sosial Tuna Netra Wyata Guna Cecep Sutriaman mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai bentuk lembaganya miliki kekhasan sendiri. Maka itu, pihaknya menyelenggarakan reli tongkat yang melibatkan semua komponen di Jawa Barat. Menurutnya, kaum disabilitas tidak perlu dikasihani, tapi diberikan kesempatan karena mereka punya kemampuan yang sama seperti orang normal. ’’Saya ingin sekali mensosialisasikan bagaimana kawan-kawan yang ada di Senayan (DPR) dan Gedung Sate (Pemprov Jabar), agar segera mensahkan rancangan undang-undang disabilitas,“ katanya.

Sementara itu. Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Angesta Romano Yoyol memaparkan, kegiatan reli tongkat ini merupakan bentuk kepedulian jajarannya terhadap para penyandang disabilitas. ’’Hari ini spesial kita hibur mereka, dengan harapan mereka ini para penyandang disabilitas bisa lebih dekat dengan kita,” imbuh Yoyol.

Yoyol menjelaskan, kegiatan bersama para penyandang disabilitas ini baru pertama kali diadakan Polrestabes, pihaknya berencana adakan acara serupa tiap tahunnya. Disediakan pula hadiah bagi para penyandang kebutuhan khusus tersebut. ’’Hadiah ini merupakan bantuan dari para donatur yang kita ajak untuk berpartisipasi. Kita juga memberikan dua buah sepeda motor khusus, bagi para penyandang disabilitas,” jelas Yoyol.

Setelah melakukan reli tongkat dengan jarak tempuh 5 kilometer, ratusan penyandang disabilitas dihibur dengan beberapa kegiatan di halaman Mapolrestabes Bandung. (dn/vil)

Tinggalkan Balasan