Canangkan Cimahi Baranang

[tie_list type=”minus”]Pasang PJU di Setiap Kelurahan[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kebersihan dan Pertamana (DKP) Kota Cimahi mulai tahun ini akan menggiatkan program Cimahi Baranang. Program ini merupakan pelayanan kepada masyarakat berupa pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di lokasi pemukima warga.

pjuMenurut Ketua Bidang Pertamanan Penerangan Jalan Umum dan pemakaman DKP Kota Cimahi, Endang, mengatakan, program Cimahi Baranang ini akan dilakukan secara bertahap di sejumlah keluarahan yang ada di Kota Cimahi. ”Pada tahun ini baru dilakukan pilot project di beberapa RW yang ada. Ke depan diharapkan pemasangan PJU di RW yang membutuhkan bisa lebih ditingkatkan lagi baik jumlah maupun lokasinya,” katanya, kemarin.

Dikatakan Endang, Program Cimahi Baranang ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat dibidang PJU, sehingga akan membantu masyarakat Kota Cimahi, khususnya di malam hari. ”Di beberapa tempat aktivitas masyarakat Cimahi berlangsung hampir 24 jam, sehingga dibutuhkabn sarana pelayanan berupa PJU di masyarakat khususnya wilayah pemukiman yang belum terjangkau oleh sarana PJU,” sebutnya.

Dikatakan Endang, PJU yang akan dipasang di beberapa RW ini ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan PJU yang terpasang di jalan-jalan protokol Kota Cimahi. Namun meski begitu, pelayanan yang didapatkan warga tidak jauh berbeda dengan PJU yang terpasang di jalan protokol. Jika didalam suatu wilayah pemukiman cukup penerangan listriknya, hal itu selain membantu warga juga bisa memelihara ketertiban masyarakat.

Terkait dengan sarana PJU yang ada di jalan arteri dan protokol, dia menyebutkan, untuk sarana PJU Kebutuhan lampu di Kota Cimahi idealnya harus terpasang 7000 PJU, namun hingga kini baru terpasang 5227 titik PJU baik di jalan arteri maupun protocol. Karena itu pihaknya akan terus menambah sarana PJU tersebut untuk melayani masyarakat Cimahi.

Dalam setahunnya, anggaran yang ada di DKP baru mampu mengalokasikan untuk 300 sampai 400 PJU, karenanya pengadaan PJU di Kota Cimahi dilakukan secara bertahap.Sementara untuk pemeliharaannya, ada 750 sampai 1000 PJU yang dipelihara DKP.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan