KBB Akan Miliki Pusat Perniagaan

bandungekspres.co.id– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat akan memiliki pusat perniagaan yang berlokasi di dekat Pasar Baru Curug Agung Padalarang. Pembangunan pusat perniagaan tersebut dilakukan dalam upaya meningkatkan daya saing berbagai jenis produk yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Hal tersebut diungkapkan Bupati Bandung Barat Abubakar kepada wartawan di Ngamprah, kemarin.

Menurut Abubakar, pembangunan pusat perniagaan tersebut merupakan kewajiban pemerintah dalam memberikan kemudahan akses distribusi dan pemasaran berbagai produk yang dihasilkan oleh masyarakat Kabupaten Bandung Barat. Sehingga dengan adanya pusat perniagaan itu, bisa meningkatkan kualitas produksi dan menambah nilai ekonomi. ’’Dengan menyediakan fasilitas tersebut, memberikan kemudahan bagi 0masyarakat dalam meningkatkan nilai ekonomi,” kata Abubakar.

Apalagi, Kabupaten Bandung Barat dikenal dengan hasil pertaniannya yang melimpah. Dengan lokasi strategis dari bidang pertanian, tentu masyarakat lebih banyak bergelut di bidang pertanian. Untuk memudahkan akses tersebut, sudah seharusnya pemerintah memberikan akses dan fasilitasnya. ’’Ketika para petani kebingungan untuk menjual hasil produknya, tinggal mengirimkan ke pusat niaga di Padalarang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan KBB Ricky Riyadi mengatakan, pembangunan pusat perniagaan terpadu tersebut dalam rangka meningkatkan nilai ekonomi hasil berbagai produk pertanian, kerajinan tangan, olahan makanan dan produk lainya. ’’Segala produk asli Kabupaten Bandung Barat akan dipusatkan di Padalarang. Tahun 2016 mendatang kajian sudah dilakukan, setelah itu ada proses lainnya dan mudah-mudahan bisa terbangun lebih cepat,’’ ujarnya.

Menurut Ricky, alasan penempatan pusat perniagaan di Gedonglima Padalarang tersebut karena tempat itu dinilai sangat strategis dan mudah di akses oleh masyarakat Kabupaten Bandung Barat untuk menyimpan hasil produksinya, baik yang datang dari wilayah utara seperti Lembang Parongpong dan Cisarua maupun dari wilayah selatan seperti Rongga, Gununghalu, Sindangkerta dan Cililin.

’’Posisinya berada di tengah kota dan akses ke pintu tol juga dekat. Jadi, ketika ada masyarakat luar kota yang datang ke Kabupaten Bandung Barat dan ingin membeli apapun bisa datang ke pusat niaga yang kita bangun,’’ paparnya.

Tinggalkan Balasan