Damkar Siaga Bencana

Musim Hujan Tetap Jadi Ancaman

bandungekspres.co.id– Datangnya musim hujan bukan berarti kejadian kebakaran tak akan terjadi. Sebab, kebakaran bisa saja datang saat musim hujan jika tidak diwaspadai.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi Herry Setiawan mengungkapkan, datangnya musim pancaroba ini bukan berarti tidak akan terjadi kebakaran. Namun harus diantisipasi bila dalam bangunan terdapat sambungan kabel yang terkelupas, kemudian kena air hujan atau genangan air itu harus diwaspadai hal itu bisa mengundang kebakaran.

”Masyarakat harus tetap waspada akan bahaya kebakaran ini, termasuk di musim hujan seperyi saat ini,” katanya belum lama ini.

Selain itu, kata Herry, berkaitan penggunaan selang kompor gas, warga harus memastikan selang kompor gas dalam keadaan aman. Pastikan pemasangan regulator dengan benar dan selang dalam kondisi baik tidak bocor atau aus.

Dia menyebutkan, selain melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran, tim resque Damkar Kota Cimahi juga mengantisipasi datangnya musim hujan. Dengan kata lain, UPTD Damkar Cimahi tetap siaga menghadapi bencana.

”Tak hanya melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran, di kami juga ada tim m resque yang selalu siap memberikan bantuan dalam hal penyelamatan korban bencana, kami bersama komponen lainnya siaga menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja dan tidak terduga,” jelasnya.

Herry menybutkan, selama Januari hingga November 2015, jumlah kejadian kebakaran di Kota Cimahi mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Kenaikannya mencapai 75 persen dibandingklan 2014 lalu.

”Kebakaran sampai November ini berjumlah 50 kali kejadian. Sedangkan 2014, hanya 29 kasus, berarti ada peningkatan frekuensi kebakaran 75 persen. Sedangkan penyebebnya adalah arus pendek, tungku, human error, dan lain lain,” jelasnya.   (bun/rie)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan