4 Lokasi Longsor Sehari

Namun, peristiwa itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Penghuni tiga rumah terdampak luapan air berhasil diselamatkan Tim Penyelamat Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung, yang langsung turun ke lokasi kejadian bersama PMI Cabang Bandung, dan Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung.

’’Selanjutnya, karena menyangkut sumbatan air dan alat berat yang diturukan dari DBMP, penanganan menjadi wewenang mereka,” kata Kasi Keselamatan DPPK Kota Bandung Elan Suparno.

Elan menjelaskan, satu regu tim penyelamat DPPK yang diturunkan, usai evakuasi langsung kembali ke markas komando. Penanganan air yang meluber ke rumah warga kompleks, mendapat penangan langsung tim Dinas Bina Marga dan Pengairan (BDMP).

Sekretaris DBMP Kota Bandung Didi Ruswandi yang dihubungi menjelaskan, kehadiran pihaknya di TKP karena diminta bantuan oleh tim penyelamat rescue DPPK Kota Bandung. ’’Pesonel dan alat berat kita turunkan,” ujar Didi.

Dengan menggunakan alat berat yang diturunkan DBMP, reruntuhan yang menutup saluran air dapat dipindahkan. ’’Itu dilakukan, sebab tak bisa dikerjakan secara manual. Tim rescue yang ada di TKP tidak membawa alat berat,” jelas Didi. (nit/edy/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan