Kota Bandung Mewakili Indonesia jadi Finalis Smart City di Barcelona

Masuk 6 Besar dan Diskominfo Terbaik ke-2

KOTA Bandung mewakili Indonesia menjadi salah satu finalis dalam ajang World Smart City Award 2015 di Barcelona. Ajang penghargaan ini akan program-program yang dimiliki setiap kota yang berpartisipasi untuk menghasilkan kota ramah yang layak ditinggali dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

Dikutip dari situs Smart City Expo, Bandung akan bersaing dengan Moskow (Rusia), Buenos Aires (Argentina), Dubai (Uni Emirat Arab), Curitiba (Brasil), dan Peterborough (Inggris). Bandung mewakili kategori Inovasi Smart City. Lewat akun Facebook pribadinya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan jika Bandung bersaing dengan kota Moskow, Dubai, Buenos Aires, Curitiba dan Peterborough.

’’Alhamdulillah, dari puluhan kota-kota dunia, Bandung masuk finalis 6 besar dunia untuk inovasi Smart City dari World Smart City Organization di Barcelona,”ujarnya lewat laman Facebook miliknya, Rabu (18/11).

Penyelenggara World Smart City OrganiZation menganggap Kota Bandung banyak memberikan ruang terhadap warganya untuk bisa mengawasi pembangunan kota melalui inovasi.

’’Kota Bandung diapresiasi karena banyak memberikan ruang warga untuk berinterkasi aktif dalam mengawasi pembangunan kota dengan inovasi connected citizens: encouraging participatory governance,” ungkapnya.

Ridwan Kamil menjelaskan konsep smart city yang ditawarkan oleh Bandung. Di antaranya, citizen complaint online, Rapor camat/lurah oleh warga (SIP), monitoring program kerja Pemkot (Silakip), Perizinan Online (Hay.U), komunikasi aktif warga melalui akun Twitter tiap Dinas dan lain-lain.

“World Smart City Awards” diselenggarakan dengan tujuan mengenali proyek atau program pelopor terhadap perkembangan kota. Selain itu, menstimulasi kota untuk terus tumbuh menjadi tempat berkelanjutan, efisien, ekonomis, dan layak huni.

Selain penghargaan untuk Kota Cerdas atau city award, tiga penghargaan lainnya adalah project award, innovative idea award, dan honorary award.

Di sisi lain, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung mendapatkan dua penghargaan dalam Anugerah Media Humas 2015 di Gedung Dyandra Conventions Center Surabaya, Rabu (18/11). Penghargaan didapatkan Kota Bandung melalui kategori cinderamata utama dan profil lembaga terbaik. Diskominfo mendapat predikat terbaik ke-2.

Ajang penghargaan yang dicanangkan oleh Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Tingkat Nasional ini berlangsung sejak Selasa (17/11) lalu. Acara dibuka Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi dan ditutup oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan