Gencar Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

bandungekspres.co.id– Masyarakat Kecamatan Lembang yang terdiri dari tokoh, pemuda dan pelajar mengikuti pemaparan tentang pentingnya menjalankan empat pilar kebangsaan mulai dari Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika yang langsung disampaikan oleh Anggota MPR RI Dede Yusuf Macan Effendi di Lembang, belum lama ini.

 Pilar Kebangsaan
SEMANGAT KEBANGSAAN: Anggota DPR RI Dede Yusuf genjar menyosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada masyarakat.

Menurut Dede, sosialisasi tentang empat pilar kebangsaan ini sangat urgent dengan kondisi negara di tengah berbagai macam problematika. Saat ini, kata dia, dirasakan terdapat pergeseran kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam memahami nilai-nilai luhur bangsa sebagaimana yang terkandung dalam empat pilar bangsa. ”Agar terwujud masyarakat Indonesia yang sadar konstitusi perlu pemahaman penyebaran yang utuh dan menyentuh pada generasi bangsa untuk sadar memahaminya,” ujarnya.

‪Lebih jauh dia menjelaskan, salah satu karakteristik Indonesia sebagai negara dan bangsa adalah kebesaran, keluasan dan kemajemukan. Konsepsi pokok para pendiri bangsa ini tidak mengalami perubahan, tetapi sebagian bersifat teknik instrumental mengalami penyesuaian pada generasi bangsa ini. Setiap bangsa memiliki konsepsi dan cita-cita sesuai dengan kondisi, tantangan dan karakter bangsa bersangkutan.

Prinsip memahami empat pilar ini, jelasnya, menjadi prinsip-prinsip moral ke Indonesia yang memandu tercapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Lebih jauh dia menjelaskan, dengan pengamalan prinsip empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, diyakini bangsa Indonesia akan mampu mewujudkan diri sebagai bangsa yang makmur, sejahtera dan bermartabat.

Sementara itu, salah seorang peserta Dini Sumarni, 20, mengaku senang bisa mengikuti pemaparan yang dilakukan oleh Dede Yusuf. Ia berpandangan, empat pilar ini harus diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Sebab, dalam empat pilar tersebut mengandung nilai-nilai yang luar biasa. ”Yang asalnya saya kurang paham soal empat pilar, saya jadi lebih paham. Ini sangat bermanfaat sekali,” katanya.

Dini mengaku, lapisan masyarakat harus seluruhnya mengetahui tentang empat pilar kebangsaan. Menurutnya, saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang empat pilar ini. ”Makanya saya hadir untuk belajar dan memahami soal empat pilar ini. Banyak juga masyarakat yang belum paham soal empat pilar ini, padahal manfaatnya dapat dirasakan dalam kehidupan masing-masing,” pungkasnya. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan