Disnaker ‘Nekat’ Gelar Job Fair

bandungekspres.co.id– Dinas Ketengakerjaan Kabupaten Bandung akan menggelar bursa kerja pada Selasa (24/11) hingga Kamis (26/11) mendatang. Sebanyak 50 perusahaan di dalam dan di luar Kabupaten Bandung turut serta dalam job fair ini. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung Rukmana mengatakan, bursa kerja merupakan salah satu langkah untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Bandung.

’’Ada berbagai hal yang dilakukan untuk mengurangi pengangguran, termasuk dengan bursa kerja. Ini efektif sekaligus untuk mempertemukan penyedia kerja dan pencari kerja,’’ kata Rukmana saat wawancara di kantornya, Selasa (17/11).

Perusahaan yang terlibat dalam bursa kerja ini, tutur Rukmana, yaitu yang bergerak di sektor tekstil, manufaktur, perbankan, garmen, dan lainnya. ’’Semua perusahaan ini sudah fixed ikut,’’ ujarnya.

Rukmana pun mengungkapkan, langkah penyelenggaraan bursa kerja tergolong karena dilakukan di tengah situasi ekonomi yang tidak stabil. Bahkan, terbilang nekat. ’’Ini nekat, karena situasi ekonomi sekarang ini sebenarnya tidak menguntungkan. Tapi ini di satu sisi juga peluang untuk menerima lowongan kerja,’’ ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, penyelenggaraan bursa kerja tersebut sebagai cara untuk menjaga kondusifitas penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Bandung. Saat ini, total pengangguran di Kabupaten Bandung sebanyak delapan persen. Namun, tahun ini angka pengangguran menurun jika dibandingkan dengan 2012 yang masih di angka 11 persen.

’’Ini berarti ada jumlahnya ada sekitar serapan tenaga kerja sampai 40 ribu orang. Ini akan kami upayakan terus supaya pengangguran berkurang,’’ jelasnya. (yul/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan