Polisi Pantau Proses Pelipatan Surat Suara

Dijaga Bak Tahanan

bandungekspres.co.id– Petugas Kepolisian Polres Bandung menjaga ketat proses sortir dan pelipatan surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung. Proses pelipatan dilakukan di GOR Four S di Kampung Junti Girang, Desa Banyusari, Kecamatan Katapang, Kabupten Bandung, sejak Senin (16/11) sampai Senin (23/11) mendatang.

Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan mengatakan, sebanyak 36 personel diterjunkan untuk mengamankan proses sortir dan pelipatan surat suara. Mereka bertugas mulai pukul 08.00 sampai 17.00 setiap hari, selama delapan hari sampai proses usai. Hal ini sesuai target KPU Kabupaten Bandung.

Pengamanan ini di antaranya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti, perusakan surat suara atau ada surat suara yang diambil oknum pelipat. ’’Surat suara ini sangat rawan (penyelewengan), sehingga harus diawasi dengan sangat baik,’’ kata Erwin saat di lokasi pelipatan surat suara, Selasa (17/11).

Jangan sampai, tutur Erwin, terdapat surat suara yang dicoblos atau dirusak oknum pelipat. Untuk menghindari surat suara dibawa oleh pelipat, pemeriksaan barang bawaan para pelipat surat suara dilakukan setiap kali mereka masuk dan keluar ruangan pelipatan.

’’Prosedur untuk pengamanan surat suara dalam proses tersebut, dengan penggeledahan badan dan barang bawaan pelipat, termasuk saat mereka keluar dan masuk gedung tersebut untuk istirahat,’’ tuturnya.

Erwin juga menjelaskan, setelah surat suara dan perlengkapan lainnya selesai disortir serta dikemas kembali, anggota polsek di setiap kecamatan akan mengamankannya sampai tiba di Kantor Kecamatan dan TPS. ’’Anggota polsek jemput surat suara ke gudang bersama panitia, kemudian dikawal sampai pencoblosan di TPS, penghitungan, dan dibawa kembali untuk diserahkan ke KPU,’’ jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Bandung Ari Haryanto, mengungkapkan, setelah 10 hari mengawasi produksi surat suara dan perlengkapan pemilihan lainnya, Panwaslu mengawasi proses penyortiran dan pelipatan surat suara. Di setiap jajar pelipatan disimpan petugas panwas satu orang.

’’Kami mengawal supaya pelaksanaan ini sesuai SOP dan peraturan. Tahap produksi kemarin sudah sesuai. Sekarang mengawasi penyortiran dan pemilahan supaya PPK di setiap kecamatan tidak ada masalah dalam mengirimkannya ke setiap TPS,’’ ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan