Pembuktian The Three Lions

[tie_list type=”minus”]Spanyol vs Inggris[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Bisakah kesempurnaan Inggris dalam kualifikasi Euro 2016 lalu berlanjut di Paris tahun depan? Tidak perlu menunggu sampai tujuh bulan ke depan. Cukup tunggu saja hasil dari Estadio Jose Rico Perez, Alicante, dini hari nanti ketika Inggris menantang juara bertahan Euro, Spanyol.

Spanyol menjadi tim terkuat yang pernah dihadapi oleh kekuatan baru The Three Lions pasca Piala Dunia 2014. Sekalipun 1 April lalu sudah pernah menjajal Italia dalam sebuah laga persahabatan, tetapi kekuatannya masih satu strip di bawah La Furia Roja – julukan Spanyol.

”Ini tantangan sebenarnya,” ujar winger Inggris, Raheem Sterling, sebagaimana yang dikutip The Guardian. Laga ini akan menjadi caps ke-100 Heemio -sapaan Sterling – di timnas Inggris. Sterling mengakui, kesempurnaan dalam kualifikasi Euro 2016 lalu tidak bisa jadi ukuran potensi juara.

Inggris sempurna karena lawan segrupnya yang paling berat hanya Swiss. Itu pun bisa dilewati Wayne Rooney dkk dengan enam poin dalam dua kali bentrok. Tidak heran jika Inggris mengoleksi 30 angka dari 10 laga. Pencapaian terbaik dibandingkan tim-tim di kualifikasi Euro 2016.

Karena ekspektasi Inggris untuk juara, Roy Hodgson pun sengaja mengagendakan laga uji coba dengan tim-tim berat. Setelah Spanyol, Inggris akan menantang tuan rumah Prancis (18/11), lalu juara Piala Dunia 2014 Jerman (26/3) dan kemudian diakhiri dengan melawan semifinalis Piala Dunia 2014, Belanda.

”Karena inilah momen kami sampai di level mana bisa bersaing dalam Euro 2016 nanti. Kalau bisa, saya ingin melewati semuanya dengan sempurna. Dan apabila itu benar terjadi, maka inilah barometer yang bisa mengukur keberhasilan target kami,” tutur pemain termahal Inggris itu.

Demi kematangan permainan tim, Hodgson tidak akan mengubah formasi Inggris. Formasi 4-2-3-1 tetap jadi pilihan. Bedanya, bukan James Milner yang menempati posisi poros ganda bersama Michael Carrick, melainkan Eric Dier. Selain itu, ketajaman striker Harry Kane dan winger Jamie Vardy akan diuji.

Makanya, Spanyol pun harus waspada dengan kedatangan tim paling hit di Eropa tahun 2015 itu. Terlebih, dalam laga kali ini Spanyol tidak akan diperkuat pemain-pemain bertahannya. Seperti bek tengah Sergio Ramos, dan dua bek kanan Dani Carvajal dan Juanfran. Ketiganya absen karena cedera.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan