Socios Solusi untuk Tetap Eksis

Mengelola Aset ala Klub-klub Tersukses La Liga

Bagi Barcelona dan Real Madrid, fans tak hanya berfungsi sebagai penonton pertandingan. Mereka punya kekuasaan dahsyat. Yakni turut menentukan siapa presiden klub berikutnya, plus mempengaruhi kebijakan transfer pemain. Disebut-sebut sebagai paling sistem ideal.

DI balik sukses Barcelona dan Real Madrid, tidak ada nama pemilik modal seperti Sheikh Mansour atau Roman Abramovich sebagai penguasa. Yang paling berkuasa di kedua klub raksasa La Liga itu adalah suporter.

Ya, fans tidak hanya sekedar datang ke stadion, mengeluarkan uang untuk membeli tiket dan menonton pertandingan (lalu menggerutu apabila tim kesayangannya kalah). Mereka bisa ikut menjadi bagian dari kinerja klub dengan cara bergabung menjadi socios.

Secara harfiah, socios berarti mitra atau anggota. Dalam konteks Real dan Barca, socios adalah anggota resmi klub. Dengan menjadi socios, maka fans bisa turut menentukan hidup dan mati klub.

”Tidaklah tepat menyerahkan pengelolaan klub hanya kepada satu orang,” ucap Presiden Real Florentino Perez, dikutip dari situs periodistas-es.com. Selain Real dan Barca, ada dua klub lain yang juga memiliki socios dalam struktur klubnya. Yakni Athletic Bilbao dari La Liga, dan Osasuna yang kini bermain di Segunda Division.

Syarat menjadi socios tidaklah susah. Cukup membayar iuran tahunan. Dan berkewarganegaan Spanyol (ya, ini susah buat Madridista Indonesia yang ngebet kepingin menjadi socios). Barca memiliki socios terbanyak dengan 170 ribuan anggota, sedangkan Real 97 ribuan. Di Barca, per tahunnya ditarik iuran GBP 95,61 (Rp 1,96 juta). Sementara di Real GBP 101,27 (Rp 2 jutaan).

Dana iuran dari socios memungkinkan klub memiliki aliran dana segar di luar penjualan tiket dan merchandise, suntikan sponsor, dan pembagian hak siar. Minimal, dengan fresh money itu, kans klub untuk ikut kompetisi terjamin. Karena itu, meski tanpa campur tangan penyandang dana dominan, Real dan Barca tetap bersaing sebagai klub terkaya dunia 2015 versi Forbes.

Mari kita hitung secara kasar kontribusi mereka. Jika setiap socios membayar iuran sebesar GBP 101,27, maka dalam semusim Real mampu mendulang pemasukan sebesar GBP 9,82 juta (Rp 201,5 miliar). Angka itu memang hanya 2 persen saja dari income total. Sepanjang musim lalu, Real mengumpulkan GBP 467,8 juta (Rp 9,6 triliun).

Tinggalkan Balasan