Santuni Veteran Perintis Kemerdekaan

[tie_list type=”minus”]Emil Berikan Rp 500 Ribu/Orang [/tie_list]

bandungekspres.co.id– Sebagai bentuk perhatian kepada para veteran yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberikan santunan kepada seratus orang perintis kemerdekaan pada peringatan Hari Pahlawan.

Ridwan Kamil mengatakan, nilai-nilai kejuangan, ketulusan, pantang menyerah, tanpa pamrih, keberanian, dan kejujuran yang dimiliki para pahlawan harus dihargai. Dan sebagai bentuk kepedulian terhadap para pejuang veteran yang ada di Kota Bandung, diberikan santunan sebesar Rp 500 ribu untuk tiap orangnya, yang dananya berasal dari uang pribadi.

”Dana ini merupakan dan pribadi saya, dan untuk besarnya dana kadeudeuh ini saya berikan sebesar Rp 500 ribu setiap orangnya,” katanya usai hadiri pelaksanaan upacara bendera di Lapangan Tegalega, kemarin. .

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, sebelumnya Pemerintah Kota Bandung telah memberikan hal serupa saat memperingati Bandung Lautan Api pada Maret lalu. Adapun besarnya santunan yang diberikan pada saat itu berkisar sebesar Rp 700 ribu hingga Rp 1,5 juta ini dan diberikan kepada 860 veteran setiap bulannya. ”Mudah-mudahan dana itu bisa bermanfaat bagi mereka yang menerimanya,” sahutnya.

Selain itu, Pemkot Bandung sedang mengusahakan untuk memberikan bantuan kesehatan untuk para veteran. ”Pada usia tua, uang biasanya digunakan untuk biaya kesehatan,” paparnya.

Emil mengklaim, selain memberikan santunan, sebagai bentuk penghargaan terhadap mantan Presiden pertama RI, Ir Soekarno yang juga sekaligus bapak bangsa, Pemkot Bandung juga meresmikan perubahan nama Jalan Cikapundung Timur menjadi Jalan Ir. Sukarno.

Pada momentum Hari Pahlawan ini, Emil mengajak semua masyarakat terutama generasi muda untuk menghayati pidato Bung Karno pada tahun 1961 yang menyatakan ”Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya”. Oleh karena itu, dia mengajak generasi muda agar tetap mengimplementasikan nilai-nilai kebaikan yang dicontohkan oleh para pahlawan. (mg.dn/vil)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan