UPTD PU Bina Marga Wilayah Margahayu Giatkan Jumsih Sabilulungan

bandungekspres.co.id– Menghadapi musim penghujan sekaligus mengantisipasi banjir dan menjaga kebersihan lingkungan, unit pelaksana teknis dinas pekerjaan umum (UPTD PU) Wilayah Margahayu giat laksanakan jumat bersih (Jumsih) Sabilulungan. Dalam Jumsih itu, Kecamatan Margahayu mendapat giliran, sepanjang Jalan Raya Sukamenak. Kebersihan lingkungan itu dimulai dari pertigaan Sukamenak-Rancamanyar sampai depan Desa Sayati.

”Ada beberapa titik lokasi yang banjir, ketika musim penghujan datang. Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan pihak kecamatan, desa dengan warga melaksanakan Jumsih Sabilulungan dengan tujuan mengantisipassi banjir dan menjaga kebersihan lingkungan,” jelas Drs H. Budi Hermawan kepala UPTD PU Wilayah Margahayu kepada Soreang Ekspres (Bandung Ekspres grup) di lokasi kegiatan, Jumat (6/11).

Dia mengatakan, dilaksanakan berkat koordinasi yang baik antara pihak UPTD PU wilayah Margahayu dengan pemerintahan dan muspika setempat. Menurutnya, kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan di tiap kecamatan, sesuai wilayah yang di bawah naungan UPTD PU Margahayu.

”Selain untuk memberikan contoh dan memberikan pemahaman dalam menjaga kebersihan lingkungan kepada masyarakat, juga untuk mempererat tali silaturahmi antara pihaknya dengan unsur muspika kecamatan Margahayu,” tuturnya.

Budi menegaskan, menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Dia mengajak kepada pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat untuk selalu melaksanakan kegiatan serupa.

Hal senada dikatakan M.Usman S.Sos MSi, Camat Margahayu. Pihaknya sangat merespon dan mengapreasi kegiatan yang dilaksanakan UPTD PU wilayah Margahayu. ”Sebab, kegiatan seperti itu perlu dilakukan mengingat menjaga kebersihan, memelihara dan melestarikan sarana umum merupakan tanggung jawab bersama.” tukas Usman.

Sementara itu, Sekcam Margahayu Drs H. Basirun yang didampingi Kasi PPU Drs H. Sofyan M mengaku, kegiatan yang dilaksanakan UPTD PU bersama jajarannya, terlaksana dengan baik. Bahkan masyarakat terlihat antusias sebagai peserta Jumsih Sabilungan. Selain melibatkan pihak kecamatan, dan perangkat desa juga masyarakat di sepanajang jalan raya Sukamenak.

”Dengan kegiatan Jumsih, selain menciptakan kebersihan lingkungan juga memelihara sarana umum agar kemanfaatannya Akan terasa oleh masyarakat. Agama Islam mengatakan kebersihan sebagian dari iman. Karena itu, saya mengimbau, masyarakat Margahayu, tidak buang sampah sembarangan. Sebab, berawal dari tidak kepedulian warga, dalam membuang sampah akan terjadi bencana banjir,” pungkas Basirun. (adv/gun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan