oleh

Aher Ikiti Munas Hipmi di Surabaya

[tie_list type=”minus”]Ekonomi Kreatif Butuh 3 Syarat[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Ekonomi kreatif adalah industri padat pengetahuan. Makanya, butuh tiga syarat utama dalam memberdayakannya.

Syarat pertama, kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dalam paparannya dalam Munas Khusus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) akhir pekan lalu, adalah melahirkan dan memasalkan pendidikan berkualitas.

”Pendidikan harus diperbaiki dan ditingkatkan terus, hanya pengetahuan dan pemahaman yang kuat saja yang akan memunculkan pemikiran besar,” katanya di hadapan ratusan peserta Munas se-Indonesia di Kota Surabaya, beserta pembicara lain seperti Ketua Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan lainnya.

Baca Juga:  Genjot Vaksinasi, Pemprov Jabar Gandeng OKP

Syarat kedua adalah teknologi yang kuat. Aher mencontohkan Tiongkok yang menjadi penghasil ikan terbesar di dunia sekarang sebetulnya memiliki potensi perikanan ranking lima namun melesat berkat penguasaan teknologi. Sebaliknya, Indonesia yang memiliki kandungan perikanan terbesar di dunia malah menduduki ranking lima dunia.

 

”Dalam konteks Jawa Barat saya mencontohkan, Tiongkok bisa maju karena mereka kuasai teknologi tangkapan ikan di lautan dangkal. Mereka ribuan mil tapi bisa menikmati tuna, kita di Indonesia hanya 12 mil ke lokasi tuna tapi malah sulit menikmati,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga