Antisipasi Serangan Hama Wereng saat Musim Hujan

[tie_list type=”minus”]Sebar Benih Varietas Unggul[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Dinas Tanaman dan Budidaya tanaman hutan (Distanbudhut) Kabupaten Bandung Barat akan membagikan 62 buah traktor kepada 13 kecamatan untuk mempercepat masa tanam padi hingga panen. Pasalnya, musim hujan yang sebentar lagi tiba dapat menjadi ancaman bagi para petani karena tanamannya terserang hama.

Menurut Kepala Distanbudhut Ida Nurhamida, para petani harus dibantu dalam mengelola tanamannya. Setelah kekeringan pada musim kemarau, para petani bukan terbebas dari ancaman bencana, musim hujan bisa memungkinkan mendatangkan kerugian karena banyaknya hama.

”Agar petani bisa menggarap lahannya lebih cepat dan menghindari kerugian di musim hujan,” ucap Ida kepada Bandung Ekspres di kantornya kemarin (4/11).

Dia menjekaskan, selama musim hujan kerugian yang dialami akan semakin besar bahkan melebihi musim kemarau. Biasanya pada musim hujan, hama penyakit akan lebih banyak seperti tikus dan wereng.

Di tempat yang berbeda, Kepala Bidang Pertanian Tamanan Pangan Iin Solihin mengatakan, Bandung Barat diprediksi tidak akan mengalami banjir. ”Hanya saja di sini banyak hama, terutama hama wereng,” ucapnya.

Untuk menghasilkan varietas unggul tahan wereng. Menurutnya, benih varietas tersebut sudah mulai didistribusikan kepada para petani. Benih tersebut diprogram untuk setiap 25 kilogram per hektare. Di menyediakan benih yang siap disebar untuk 3500 hektare di Bandung Barat.

”Saat ini pihak kami berupaya melaksanakan percepatan tanaman tersebut harus bisa meningkatkan kualitas padi di kita,” ucapnya.

Dia berharap, agar para petani yang lahannya ditanami varietas unggul tidak dijual ke luar Bandung Barat. Hal itu, salah satu upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat Bandung Barat. ”Tanaman yang kita tanam, harus dimakan oleh masyarakat kita juga,” tandasnya. (mg5/fik)

Tinggalkan Balasan