Dorong Potensi Wisata Cibuluh

bandungekspres.co.id– Kelompok Penggerak Pariwisata Kabupaten Bandung H Dodi Abdurahman menilai, banyak lokasi wisata agro yang layak untuk dikembangkan di kabupaten Bandung. Sebab, sejauh ini perhatian baru kawasan wisata agro strawberry di Kecamatan Ciwidey, Pasir Jambu dan Pangalengan.

”Kawasan Cibuluh layak untuk dikembangkan. Sebab, pemerintah kabupaten Bandung melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) akan melakukan hal itu. Kami sangat setuju itu dikembangkan,” terang Dodi kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) kemarin.

Dia menilai, jika Cibuluh sudah jadi dikembangkan maka masyarakat akan semakin tertarik ke lokasi wisata itu. Sebab, ada daya tarik tersendiri untuk sampai di lokasi Cibuluh: naik perahu.

”Kita kan harus melintasi dulu situ Cileunca dengan menggunakan perahu. Makanya dengan pengembangan itu pemerintah berencana untuk membangun dermaga menuju wisata agro Cibuluh,” terang Dodi.

Kabid Pariwisata Dispopar Kabupaten Bandung Rully Jati Permana membenarkan, Kampung Cibuluh merupakan kawasan wisata baru di seberang situ Cileunca, Pangelangan Kabupaten Bandung.

”Mungkin banyak yang mengira bahwa kampung tersebut terbelakang. Sebab, dikelilingi danau. Makanya kurang terjamah wisatawan. Meski demikian, kami telah siap untuk membenahinya dan siap untuk membangunnya ke depan,” terang Rulli sambil menunjukkan peta lokasi Cibuluh di ruang kerjanya.

Berdasarkan survei, katanya, Kampung Cibuluh ini banyak juga dikunjungi masyarakat yang hendak wisata ke Situ Cileunca. Pihaknya mencoba untuk melakukan pembicaraan khusus terkait penanganan pariwisata di Kampung Cibuluh dengan pihak PT Indonesia Power (PT IP). (gun/rie)

Tinggalkan Balasan