Syukuri Gerimis Pramusim Hujan

bandungekspres.co.id– Gerimis mulai membasahi Kota Bandung dan beberapa kota di Indonesia kemarin (3/11). Hujan singkat itu mengguyur beberapa lokasi di Kiaracondong, Kopo, Gasibu, Jalan Pahlawan, Tubagus Ismail hingga Setiabudi.

Beberapa warga sangat bersyukur atas hujan tersebut. Terlebih, kemarau berkepanjang hingga kini belum juga beralih. ”Mendungnya sih sudah dari dua hari lalu. Hujannya baru sekarang (kemarin, Red),” ujar Novita, warga Jalan Kiaracondong kemarin. ”Tapi Alhamdulillah, meski sebentar lumayan bikin adem,” tambahnya.

Sementara itu, Nurita Anggraeni warga Padalarang mengatakan, guyuran hujan tersebut dirasakan pada Senin (2/11). ”Hujannya lumayan gede tapi nggak lama,” kata Nuri sambil berharap, musim kemarau segera berakhir.

Rasa syukur juga dirasakan warga kawasan Surabaya Timur, Surabaya Selatan, hingga Sidoarjo bagian utara. Fenomena tersebut terjadi akibat terbentuknya awan berpotensi hujan.

Hanya saja, gerimis sesaat itu tidak sampai memengaruhi suhu pagi hingga siang kemarin. Berdasar pantauan Stasiun Meteorologi Juanda, suhu udara tetap di kisaran 25-36 derajat Celsius. ”Surabaya belum masuk musim hujan,” terang Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Juanda Bambang Setiajid. Dia menjelaskan, hujan dengan intensitas sangat lemah (di bawah 0,02 milimeter per menit) bisa jadi hujan pramusim pertama di metropolis. Sementara itu, hujan di Jawa Timur sebelumnya terjadi di daerah dataran tinggi dengan curah sangat kecil.

Dia memprediksi, musim hujan sebenarnya terjadi mulai dasarian kedua Desember nanti. Sejak itu, diprediksi mulai turun hujan hingga beberapa bulan ke depan. ”Musim hujan kali ini mundur daripada biasanya,” lanjut Bambang.

Pada tahun-tahun sebelumnya, musim hujan berlangsung September-Oktober. Musim transisi atau peralihan dari kemarau ke hujan akan diwarnai pancaroba. Masa pancaroba biasanya ditandai tingginya frekuensi hujan sangat deras dengan disertai angin kencang dalam waktu singkat.

Bambang juga mengingatkan, hari ini mungkin terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat. Kemungkinan terjadi pukul 16.30 di barat laut Mojokerto dan sekitarnya. Kondisi itu diperkirakan berlangsung hingga pukul 17.30 dan meluas ke wilayah Bojonegoro Selatan, Ngawi Timur, dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan