Langit Cerah, Udara Mulai Membaik

bandungekspres.co.id– Setelah tiga bulan diselimuti asap, akhirnya dua hari belakangan cuaca di Kota Palembang dan sekitarnya mulai cerah. Asap tetap ada, namun tipis dan kondisinya tak setebal beberapa waktu terakhir.

Wajar saja, cuaca cerah berkemungkinan besar karena hujan yang mengguyur Sumsel beberapa waktu belakangan sehingga menghapus hotspot dan asap yang beredar. Hal tersebut disambut sukacita oleh masyarakat Sumsel, Kota Palembang pada umumnya.

’’Alhamdulillah, melihat langit cerah lagi itu adalah karunia Ilahi. Terlepas ada upaya campur tangan pemerintah atau tidak,” ujar Erlan, warga kawasan Lorong Kuningan Jalan Segaran Palembang.

Eni Ernita, warga Jalan Sultan M Mansyur, Bukit Lama Palembang mengatakan, dirinya optimis asap akan terus menipis dan lama-kelamaan menghilang karena hujan yang terus menerus mengguyur kota tempat tinggalnya. ’’Nah tinggal kita yang berdoa, semoga hujan cepat turun, jadi asap-asap menghilang. Kalau melihat langit cerah kan ada rasa bahagia tersendiri,’’ kata dia.

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Statmet Bandara SMB II Palembang Agus Santosa mengatakan, cuaca di Kota Palembang sudah cukup membaik karena asap mulai menipis. Berdasarkan pengamatan Partikulat Matter (PM10), rata-rata udara di Sumsel masuk dalam kategori sedang. ’’Artinya tidak lagi masuk zona berbahaya. Memang sempat masuk udara tidak sehat, tapi tak begitu lama, kembali lagi ke kategori sedang,’’ beber dia.

Dia juga mengungkapkan jarak pandang di Kota Palembang sudah mulai membaik dari hari-hari sebelumnya. Jarak pandang di pagi hari sudah mencapai 1 km terendah, dan tertinggi lebih dari 10 km. Meski begitu, Agus tak memungkiri masih terdeteksi beberapa titik hotspot di Sumsel.

Berdasarkan peta sebaran hotspot dan asap pada 2 November 2015 dari Satelit Modis Terra Aqua terdapat 12 titik api di Sumsel. Yakni 3 titik di Banyuasin dan 9 titik di OKI. Berbeda dari satelit NOAA18 ada 71 titik api. Menyebar 1 di Pagaralam, 1 di Prabumulih, 2 OKU, 2 OKUS, 3 Muratara, 3 Pali, 5 Banyuasin, 5 Musi Rawas, 10 Muara Enim, 13 Musi Banyuasin, dan 26 di OKI.

Komandan Satgas Bencana Asap Akibat Karhutla di Sumsel Kol Inf Tri Winarno mengatakan, saat ini pihaknya memang mencatat adanya hujan yang turun di beberapa wilayah di Sumsel. Meski begitu, bukan berarti pihaknya menghentikan upaya pemadaman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan