Dinkes Lakukan Restrukturisasi Organisasi

bandungekspres.co.id– Dinas Kesehatan Kota Cimahi berjanji akan meningkatkan peran Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai wahana promotif dan preventif dari yang selama ini lebih banyak pada sisi kuratif dan rehabilitatif.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Fitriani Manan mengatakan, sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 75/2014 tentang Puskesmas mengamanatkan bahwa puskesmas sebagai fasilitas kesehatan pertama haruslah berparadigma sehat bukan sakit.

”Sekarang ini, warga mau datang ke puskesmas kalau mereka sakit atau pengobatan. Sehingga jumlah kunjungan pasien ke puskesmas dalam beberapa tahun terus mengalami lonjakan tajam,” katanya.

Meningkatkan pasien yang datang ke puskesmas bisa disebabkan karena adanya tanggungan biaya yang dilakukan BPJS Kesehatan atau memang tingginya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan atas penyakit yang dideritanya.

Paradigma tersebut harus dikembalikan kepada tujuan semula bahwa puskesmas memiliki peran utama yakni sebagai tempat untuk mensosialisasikan mengenai berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan atau cara mencegah terjadi penyakit pada seseorang.

”Untuk memaksimalkan peran tersebut, maka perlu ada pembenahan pada struktur organisasinya atau restrukturisasi. Karena upaya kesehatan itu bisa dilakukan perorangan atau masyarakat,” ujarnya.

Guna memaksimalkan peran tersebut, Dinas Kesehatan Cimahi pun melaunching portal kesehatan di alamat www.dinkes.cimahikota.go.id. Lewat situs tersebut, masyarakat bisa mendapatkan akses informasi mengenai kesehatan, tips eksehatan hingga profil dinas kesehatan serta forum masyarakatnya. (HA/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan