Segera Luncurkan Skybridge

bandungekspres.co.id – Untuk menanggulangi kemacetan di seluruh ruas jalan, Pemerintah Kota Bandung memunculkan moda transportasi Skybridge.

Prototipe skybridge
MODA TRANFORTASI BARU: Warga menaikin prototype cablecar di kawasan halaman parkir Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Kamis (20/10).Kabin kereta gantung berkapasitas 10 orang ini akan menjadi transportasi baru di Kota Bandung. Proyek senilai 8 juta Euro ini baru sekadar purwarupa dengan dua stasiun, Dago dan Cihampelas dan dikerjakan oleh PT Aditya Dharmaputra Persada Development.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, rencananya Skybridge pertama itu akan melintang sepanjang 800 meter dari Jalan Ir H. Juanda (Dago) hingga Jalan Cihampelas. Adapun kabin kereta gantung yang didomisili oleh warna putih itu berkapasitas 10 orang. ’’Nantinya kereta gantung itu akan dipasangkan oleh PT Aditya Dharmaputra Persada Development,” kata di Balai Kota Bandung, kemarin.

Emil-sapaan akrab Wali Kota-mengungkap, untuk cable car purwarupa tahap satu akan dipasang rute Dago-Cihampelas. Untuk rencana induk jangka panjangnya sepanjang 40 kilometer. Bagi siapapun warga Bandung yang ingin melihat bentuk kendaraan tersebut, bisa datang ke halaman Balai Kota Bandung. Pasalnya, contoh purwarupa Bandung Skybridge ini hanya dipajang hingga sampai akhir tahun 2015. ’’Agar masyarakat bisa paham, maka samplingnya kita hadirkan. Yang mau lihat contoh cable car silakan datang ke Balai Kota,” ucapnya.

Emil menegaskan, contoh kereta gantung yang dipajang adalah unit yang nantinya dipasang dalam purwarupa Bandung Skybridge. ’’Prototipe tidak harus lelang hanya menunjukan barangnya karena belum tentu dipakai,” tegasnya.

Sementara itu, Hidayat Pratama, 45, salah seorang warga berharap dengan adanya program ini dapat menanggulangi masalah kemacetan di Kota Bandung. Karena hampir setiap hari sepanjang jalanan dipenuhi kendaraan yang melintas. Namun demikian agar proyek ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan, harus diawasi secara benar. ’’Mudah mudahan apa yang menjadi program Pemerintah Kota Bandung bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” imbuh Hidayat. (mg.dn/vil)

Tinggalkan Balasan