Hujan Guyur Sumatera dan Kalimantan

Harapan hujan akan terus membasahi tanah Sumatera dan Kalimantan minggu ini begitu besar. Menurutnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah memprediksi akan banyak hujan di Sumatera dan Kalimantan seminggu ke depan. ’’Awan tersedia cukup banyak sehingga hujan buatan akan diintensifikan,” ungkap Sutopo.

Meski kondisi asap berangsur membaik, namun dinilai cukup terlambat bagi para penderita infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) akut. Sudah 19 orang, mulai dari dewasa hingga balita, yang dilaporkan meninggal akibat kondisi udara yang memburuk beberapa waktu lalu.

Jumlah tersebut dibeberkan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa kemarin. Dia menyebut, jumlah korban meninggal tersebar di beberapa wilayah, 5 di Kalimantan Tengah, 5 di Sumatera Selatan, 5 di Riau, 1 di Jambi dan 3 di Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, hari ini (29/10), dijadwalkan telah tiba kembali di tanah air dari lawatannya ke Amerika Serikat. Tidak ke Jakarta, presiden direncanakan akan langsung menuju Palembang, Sumatera Selatan, untuk memantau penanganan bencana asap.

Presiden telah memutuskan untuk mempercepat kunjungan di AS. Masih banyaknya keluhan masyarakat terkait bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang sampai ke Jokowi, menjadi alasan dipotongnya masa kunjungan, yang dimulai sejak 25 Oktober lalu. Presiden membatalkan rencana kunjungan ke sejumlah titik di West Coast atau kawasan Pantai Barat AS. (mia/dyn/lus/wan/vil)

Tinggalkan Balasan