Bidik Mahasiswa Bisa Ciptakan Lapangan Kerja setelah Lulus

COBLONG – Sebelum tampil di hadapan orang banyak, ada baiknya berkaca dulu untuk menilai penampilan sendiri. Untuk perempuan, jangan sampai ada sesuatu yang terselip di gigi. Sementara untuk laki-laki, jangan sampai lupa memotong bulu hidung.

Hal ini diungkapkan Hidayat, Kepala Training Profesional dalam acara Public Speaking di Gedung Rabbani, Jalan Dipatiukur, Sabtu (24/10) lalu. Sebagai public speaker andal, dia berbagi tips kepada peserta seminar yang hadir supaya mempersiapkan diri sebelum tampil.

’’Untuk pakaian juga pilih saja warna gelap. Supaya terlihat elegan. Jangan lupa laki-laki kalau pilih kaos kaki yang kuat nanjak,’’ jelasnya. Artinya, kaos kaki yang jika pemakainya duduk, masih menutupi bagian betis pemakainya. Menyadari maksud Hidayat, audiens pun tertawa.

Seminar public speaking ini merupakan satu dari sekian banyak event dari Training Profesional. Didukung pula oleh inkubator bisnis Unpad, PT Gian Mandiri, dan Rabbani. Adapun event ini merupakan ‘pemanasan’ sebelum event utama. Yakni, seminar bisnis online yang akan diadakan pada November mendatang.

’’Dari September sudah banyak event. Jadi, investasi seminar bisnis online, bonus seminar public speaking,’’ ungkap Kartikowati Djoharijah selaku owner PT Gian Mandiri kepada Bandung Ekspres di lokasi seminar.

Sebagai salah satu sponsor, perempuan yang akrab disapa Ati ini juga menerangkan, dipilihnya tema bisnis online bukan tanpa alasan. Pasalnya, bisnis online bukan hal yang asing saat ini. Dengan hanya modal gadget, seorang warga Indonesia dengan status apapun sudah bisa berbisnis online. ’’Kalau modalnya hanya gadget ya berarti jadi reseller saja,’’ kata dia.

Perusahaan yang dia pegang pun saat ini berbasis online. Meskipun awalnya offline, namun setelah mulai merambah Facebook pada 2012 lalu, Ati menutup toko offline-nya di kawasan Buahbatu. Sebab, dia berpikir, untuk apa mempertahankan toko offline yang pengunjungnya sedikit dan biaya sewanya mahal? Terlebih, reseller-nya sudah mencapai 4.000 orang di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, dia berharap melalui seminar bisnis online nanti, target 1.000 peserta mahasiswa bisa tercapai. Tujuannya, supaya mereka bisa menciptakan lapangan kerja setelah lulus kuliah nanti. Adapun keynote speaker pada seminar nanti akan menghadirkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Raja Facebook Marketing Slamet dan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan