Serasa Menembus Awan Bersama 1.200 Peserta

Ada tiga rute yang bisa dipilih peserta: The Breakaway 40 mil (60 km), The Presidential 70 mil (105 km), dan yang terberat The Shut Up Legs 100 mil (160 km). Ada juga opsi Founders Club alias VIP dengan fasilitas ekstra seperti dinner bersama Jensie, servis sepeda seusai event, plus kebebasan memilih rute.

Menurut penyelenggara, dari 1.200-an peserta itu, mayoritas atau sekitar 65 persen mengikuti rute terberat, The Shut Up Legs. Lokasi start dan finisnya di Stafford Lake, Kota Novato (kawasan Marin County), sekitar satu jam naik mobil dari San Francisco.

Rutenya tidaklah mudah. Semua opsi harus melewati tanjakan-tanjakan yang cukup menantang. Misalnya Mount Tamalpais (ketinggian 616 meter di atas permukaan laut). Total tanjakan yang harus dilalui kalau rute The Shut Up Legs mencapai lebih dari 2.500 meter. Kebanyakan adalah rolling hills, naik turun mengasyikkan.

Pemandangan paling spektakuler dijumpai setelah melewati Mount Tamalpais. Peserta melewati tujuh seri bukit berjuluk The Seven Sisters dengan pemandangan lautan Pasifik. Karena saat melewatinya masih relatif pagi, ketinggian kabut tebal setara dengan jalan atau di bawah. Jadi, serasa menembus awan!

Yang namanya Gran Fondo sebenarnya bukanlah event kompetitif. Namun, peserta mendapatkan timing chip karena akan direkam lama finisnya.

Ada total tujuh lokasi istirahat. Ada yang full service menyediakan makanan dan minuman, ada yang sekadar mengisi air.

Peserta diberi kebebasan penuh, tidak harus berhenti di semua titik istirahat. Kalau mau nonstop, juga diperbolehkan!

Jalan memang tidak ditutup total. Peserta harus mengikuti aturan lalu lintas, bersepeda di jalur khusus sepeda atau di bahu kanan jalan (di Amerika, mobil setir di kiri). Andai jalanan sepi dan tidak ada jalur sepeda, cyclist harus tetap di lajur kanan. Jangan sampai melewati garis tengah dan melawan arus.

Semua peserta start bersama pada pukul 08.00 pagi itu. Founders Club berada di depan bersama Jensie. Di dua titik, peserta dipisahkan. Yang memilih The Breakaway memutar duluan, disusul peserta The Presidential. Sementara yang memilih The Shut Up Legs terus memutari Marin County searah jarum jam. Time limit-nya pukul 17.00. Kalau lewat dari jam itu, finisnya tidak dihitung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan