BKBPP Gencarkan Penyuluhan Ibu Hamil

CIMAUNG – Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Bandung kembali akan memberikan penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil. Hal ini dilakukan BKBPP Kabupaten Bandung untuk memberikan pemahaman para ibu hamil.

pemeriksaan pada ibu hamil
Ilustrasi/istimewa
PEMERIKSAAN: Dua orang mahasiswa saat melakukan pemeriksaan pada ibu hamil.

”Sesuai dengan visi misi Kabupaten Bandung, untuk mengurangi angka kematian saat melahirkan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga sesuai UU nomor 2 tahun 2009 tentang kependudukan dan keluarga sejahtera. Maka kami menggelar ini untuk seluruh kecamatan se-Kabupaten Bandung,” papar Sekretaris BKBPP Khaerun kemarin.

Dalam menjaga kesehatan katanya, pihaknya perlu diberikan pemahaman terkait kesehatan ibu hamil tersebut. Acara itu akan menghadirkan narasumber. Di antaranya Yankes Dinas Kesehatan, UPTD BKBPP Kecamatan Dan pihak Puskesmas Kecamatan Cimaung.

Menurut Khaerun, meningkatnya angka kematian saat ibu melahirkan, diakibatkan kurangnya pemahaman tata cara menjaga kesehatan ketika hamil. Oleh karena itu, pihaknya mengadakan penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil, khususnya keluarga yang tidak mampu se-Kecamatan Cimaung.

Kasi Sosbud Kecamatan Cimaung Nanan Kusnandi mengatakan, kegiatan itu perlu digalakkan. ”Hal ini untuk mendorong terwujudnya masyarakat yang maju, mandiri, sehat dan sejahtera. Kegiatan juga memberdayakan masyarakat bidang kesehatan,” tegas Nanan.

Para ibu hamil katanya, harus lebih memahami tentang tata acara menjaga kesehatan, setelah mendapatkan penyuluhan tersebut. Harapannya, angka kematian saat melahirkan akan berkurang bahkan tidak ada.

Salah seorang ibu hamil di Desa Soreang Ijah Khadijah, 32, mengatakan, akan mengikuti penyuluhan itu. ”Jadi kami akan lebih tahu, makanan apa yang akan harus dikonsumsi ibu hamil dan yang menyehatkan. Selain itu kami juga lebih akan lebih tahu tentang tindakan kami jika kami mau melahirkan nanti,” ujarnya. (gun/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan