Tuchel Pulang Kandang

[tie_list type=”minus”]MAINZ 05 V BORUSSIA DORTMUND[/tie_list]

MAINZ – Untuk pertama kalinya Thomas Tuchel akan kembali ke Coface Arena, markas Mainz 05, klub yang pernah membesarkan namanya dalam jagat kepelatihan sepak bola Jerman. Itu akan terjadi dinihari nanti saat Borussia Dortmund menghadapi Mainz dalam lanjutan Bundesliga pekan kesembilan. Di Mainz nanti, Tuchel diprediksi tak akan mendapat sambutan positif dari bekas klubnya itu.

Ya, posisi Tuchel sekarang sebagai pelatih klub elit Jerman, Borussia Dortmund, tak lepas dari kiprahnya selama enam musim bersama Mainz. Selama kurun itu dia menempa diri hingga akhirnya sukses membawa Mainz dua kali bermain di Eropa. Di musim terakhirnya, Tuchel membawa Mainz finish di peringkat tujuh.

Tapi hubungannya dengan klub berakhir buruk. Usai membawa Mainz finish di peringkat tujuh, Tuchel yang sebenarnya masih terikat satu musim kontrak, meminta manajemen untuk melepas dirinya. Manajemen memang memenuhi permintaannya, namun dengan syarat dirinya tak boleh menukangi klub lain hingga kontraknya selesai.

Hal itulah yang membuat hubungannya dengan bekas klubnya berakhir buruk. Baru-baru ini, Presiden Mainz Harald Strutz bahkan menggambarkan sikap Tuchel sebagai sesuatu yang melewati batas. Strutz juga mengklaim antara dirinya dan Tuchel memiliki cara berbeda dalam memandang konsep kehormatan.

Pernyataan presiden itu tak pelak memanaskan tensi menjelang laga Dortmund versus Mainz. Namun Tuchel mengaku tidak terpengaruh oleh provokasi itu. Dia justru lebih memikirkan bagaimana cara membawa timnya keluar dari rangkaian hasil buruk pada tiga laga terakhir.

Dortmund hanya meraih dua poin saja dalam tiga laga terakhir di Bundesliga. Marco Reus dan kawan-kawan bahkan dipermalukan 5-1 oleh rival bebuyutannya Bayern Munchen dalam Der Klassiker sebelum jeda internasional, 4 Oktober lalu. Rangkaian hasil buruk itu memang tidak mempengaruhi posisi Dortmund di klasemen sementara.

Hingga kini Dortmund masih bertengger di peringkat dua klasemen sementara. Namun, dengan jarak tujuh poin dari pemuncak Bayern Munchen, Dortmund tak bisa lagi kehilangan poin jika ingin bersaing memperebutkan trofi Bundesliga musim ini. Tapi tak akan mudah untuk meraih tiga poin dari Mainz.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan