oleh

Rizal Sebut Mutu Pendidikan Rendah

[tie_list type=”minus”]Indonesia Tidak Masuk 600 Perguruan Terbaik Dunia [/tie_list]

COBLONG – Masih rendahnya mutu pendidikan perguruan tinggi (PT) di Indonesia dinilai Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli sebagai bentuk kegagalan dalam memberikan metode pembelajaran di perguruan tinggi.

Dia mengaku prihatin dengan kondisi ini. Padahal, secara kualitas individu mahasiswa-mahasiswa memiliki prestasi yang membanggakan dengan banyaknya raihan juara dalam berbagai event lomba olimpiade ilmu pengetahuan.

Baca Juga:  Sudah Tiga Hari Positif Covid-19, Bagaimana Kabar Atalia Kamil?

Menurutnya, penurunan mutu ini juga bisa diakibatkan adanya kesalahan sistem. Hal ini dilihat dari hilangnya nama universitas di daftar perguruan terbaik dunia.

”Ini harus segera diubah dan menjadi perhatian serius. Sebab bila pola pendidikan perguruan tinggi ini dibiarkan begini, bukan tidak mungkin kualitas lulusannya mutunya jadi rendah,” jelas dia usai mengisi seminar di Aula Timur Intitute Teknologi Bandung (ITB) kemarin (15/10).

Baca Juga:  Sekda Jabar Imbau Pilih Surah Pendek untuk Solat Tarawih Berjamaah

Dirinya menilai, sistem pendidikan di Indonesia masih menganut sistem feodal dan tidak demokratis. Sehingga cara ini menjadi bentuk pengkangan oleh akademisi dan membuat mahasiswa tidak menjadi kreatif.

Dia berasumsi, bentuk pengelolaan perguruan tinggi di Indonesia juga masih birokratis dan cenderung membutuhkan biaya mahal apabila masyarakat ingin kuliah di perguruan tinggi favorit.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga