oleh

Ekspor Didorong Upah Hati Hati

[tie_list type=”minus”]Paket Kebijakan Jilid Empat Menyentuh Buruh[/tie_list]

JAKARTA – Paket kebijakan ekonomi satu sampai tiga yang dirilis pemerintah bertepatan dengan mulai lunturnya super dollar membawa nilai tukar rupiah kembali menguat dan pasar saham berangsur pulih. Saatnya mendorong kenaikan ekspor agar mata uang dalam negeri stabil dan lebih berhati-hati dalam merilis paket kebijakan berikutnya yang disebut-sebut berkaitan dengan pengupahan.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menyebut bahwa setelah paket ketiga diluncurkan, pemerintah pun segera memersiapkan paket berikutnya, yakni paket kebijakan jilid IV. Menurut rencana, jika semuanya bisa dirampungkan, paket keempat tersebut bisa dirilis pekan ini. ”Kita masih mengolahnya, Insya Allah (pekan ini), tapi kita belum bisa memastikan,” kata Darmin.

Baca Juga:  Belasan Ribu UMKM di Cimahi Bakal Terima Uang Rp 1,2 Juta

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu melanjutkan, kemungkinan besar paket kebijakan jilid IV ini akan fokus pada persoalan ketenagakerjaan. Yakni terkait soal sistem pengupahan. ”Lebih kepada formula untuk penentuan upah minimum,” ujarnya.

Darmin menuturkan, paket keempat tersebut difokuskan untuk memberikan referensi yang jelas tentang sistem pengupahan. Sehingga, tiap-tiap daerah tidak lantas menetapkan sistem pengupahan sendiri-sendiri. Selain itu, paket kebijakan jilid IV itu juga akan ditujukan untuk mendorong konsumsi masyarakat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga