Waspadai Lokasi Banjir

[tie_list type=”minus”]Desember Diduga Sudah Memasuki Musim Penghujan[/tie_list]

MARGAHAYU – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) kabupaten Bandung yang akan digelar serentak 9 Desember mendatang diprediksi diduga bertepatan dengan musim penghujan. Seiring dengan hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung mengantisipasi proses pendistribusikan surat suara ke seluruh kecamatan yang rentan bencana banjir.

Komisioner KPU kabupaten Bandung Siti Holisih mengaku, KPU telah memiliki strategai untuk mengantisiapsi pemilihan jika musim peghujan tiba.

”Pokoknya kalau banjir kami juga telah melakukan. Sejumlah persiapan dan antisipasi juga perlu dipertimbangkan. Misalnya kita akan memindahkan lokasi tempat pemilihan suara atau menggunakan lokasi yang aman untuk pemilihan nanti,” papar Siti.

KPU Kabupaten bandung telah menerima laporan sejumlah kecamatan yang rawan dengan banjir. Tiga kecamatan masing-masing Bojongsoang, Dayeuhkolot dan Baleendah, menjadi tiga kecamatan yang dinyatakan rawan banjir.

“Karena itulah kami telah mempersiapkan segalanya jika dikemudian hari banjir melanda wilayah di tiga kecamatan itu. Baik berita acaranya ataupun lokasi dan bagaimana antisipasimnya dilakukan pihak KPU,:tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bandung Atip Tartiana mengatakan, jumlah TPS sebanyak 5.245 untuk Pemilikada nanti. Hal itu ditetapkan KPU sejak 2 September lalu bersamaan dengan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kabupaten Bandung.

”Kami telah menetapkan jumlah hak pilih yang di dalam DPS sebanyak 2.606.494 dengan jumlah TPS sebanyak 5.245,” ujarnya.

Khusus untuk jumlah DPS yang akan terus dimutakhirkan itu akan terus dilakukanKPU karena masih ada DPS tambahan. ”Saya kira wajar bila ada keluhan bahwa data DPS saat ini tidak mutakhir. Sebab, harus ada verifikasi lanjutan dan itu akan kita lakukan secepatnya. Terlebih, pengumuman nanti masih dapat berubah,” terangnya.

DPS, lanjutnya, akan terus diperbaiki oleh PPS, hal itu berkaitan dengan kesalahan di lapangan yang berkaitan dengan DPS. ”Selain penetapan DPS, rapat Pleno yang dilakukan pekan lalu itu dengan berpatokan pada DPS yang ada, kita akan wadahi para pemilik suara dengan jumlah TPS tersebut,” ungkapnya. (gun/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan