Hacker Bobol Akun Pejabat Pemkot

[tie_list type=”minus”]Waspada Penipuan Melalui Akun Facebook[/tie_list]

CIREBON – Masayarakat kini harus ekstra waspada. Modus penipuan melalui akun facebook mulai marak kembali. Salah satunya menimpa akun milik facebook Sekretaris DPUPESDM Kota Cirebon, Agung Prabowo. Akun milik Agung Prabowo dibobol oleh hacker, pada Sabtu (3/10) lalu. Kemudian sang hacker mengaku-ngaku sebagai pemilik akun tersebut.

Dari sana, sang hacker mulai melancarkan aksinya. Dia mulai membuka percakapan dengan mengirimkan pesan atau inbox. Dalam pesan itu, sang akun palsu meminta sejumlah uang untuk biaya operasi karena keponakan sakit ginjal. ”Saya mengetahui akun saya dibobol itu, pada malam Minggu. Karena banyak yang telpon dan SMS yang menanyakan kepada saya. Benar tidak itu keponakanya sakit?” ungkap Agung Prabowo kepada Radar Cirebon kemarin (7/10).

Saat itu pun, Agung secara tegas menjawab bahwa itu tidak benar. Beberapa orang yang menelopon dirinya, seperti Kabid Bina Marga Imas Maskanah, H Abdurahman, Sekretaris Dinkes Lucy, dan Ketua PP Kota Cirebon Heri Hermawan. ”Saya jelaskan itu bukan saya, dan keponakan saya tidak sakit,” ungkapnya.

Menurut Agung, dirinya terakhir menggunakan facebook pada Sabtu Sore. Dan sekitar pukul 21.00 WIB, selang beberapa jam, akun tersebut sudah dibobol. Termasuk saat dirinya mencoba masuk ke dalam akun tersebut. ”Saya jelaskan, lagi kena musibah, sekarang FB atas nama saya, dengan status keluarga digunakan untuk orang yang tidak bertanggungjawab,” jelasnya.

Pihaknya pun kemudian melaporkan pembobolan FB tersebut kepada Facebook. Dan saat itu, kemudian dinonaktifkan. ”Hari Senin itu sudah kita laporkan, karena tahu FB saya di-hacker. Saya klarifikasi melalui akun FB anak saya soal kejadian ini,” jelasnya.

Kejadian ini juga menimpa, mantan Anggota DPRD Kota Cirebon Agus Talik. Menurut Agus Talik, ia mengetahui akun FB-nya dibobol setelah mendapatkan kontak dari temannya di Madura. Saat itu, dia mendapatkan cerita yang sama. Sang akun palsu itu meminta uang untuk biaya operasi. ”Awalnya temannya saya menanyakan kabar, benar tidak keponakan saya mau dioperasi. Saya jawab itu bohong, karena saya sudah tidak facebook sejak sebulan yang lalu, saya jarang sekali buka facebook,” terangnya.

Tinggalkan Balasan