oleh

Dua PNS Sukamiskin Disanksi

[tie_list type=”minus”]Lalai Mengawal Koruptor Gayus Tambunan[/tie_list]

KIARACONDONG – Dua pegawai negeri sipil Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1A Sukamiskin Bandung dikenakan sanksi disiplin menengah karena lalai saat bertugas mengawal terpidana korupsi pajak Gayus Tambunan.

Sanksi tersebut diputuskan setelah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat membentuk tim investigasi pasca edarnya foto Gayus bersama dua perempuan di sebuah restoran di Jakarta Selatan, 9 September 2015 silam.

Baca Juga:  Pemudik Nekat Menerobos, Polda Jabar Bakal Perkuat Titik Pemeriksanaan

”Untuk tindak lanjutnya, dua pengawal dari lapas sudah kita ajukan untuk diberikan sanksi berupa disiplin menengah dengan tembusan ke Direktur Jenderal Pemasyarakatan,” ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar Agus Toyib kemarin (5/10).Dalam mengawal Gayus menghadiri persidangan cerai di Pengadilan Agama Jakarta Utara tersebut, turut serta satu petugas dari kepolisian. Namun, Agus menekankan, sanksi disiplin hanya dibebankan terhadap dua petugas dari Lapas Sukamiskin.

Baca Juga:  Pencarian KRI Nanggala Masih Berlanjut, Berfokus ke Sekitar Celukan Bawang

”Kalau dari petugas polisinya kita nggak ada urusan, tapi tetap kita mintai keterangan, sifatnya bukan diperiksa. Kita hanya berkepentingan dengan dua pengawal dari lapas. Bentuk hukumannya apa? Yang pasti bukan pemecatan, karena mereka sudah lama berdinas,” tukasnya.

Agus menandaskan, dalam investigasi ini, penelusuran difokuskan pada keaslian foto dan keberadaan Gayus di restoran, dan mereka mengakui hal tersebut. Saat ini, Gayus ditahan di Lapas Gunung Sindur Bogor untuk menghindari hal serupa terjadi.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga