Pemkab Gandeng TNI Perbaiki Infrastruktur Daerah Perbatasan

SINDANGKERTA – Untuk mewujudkan pembangunan di pelosok daerah, Pemkab Bandung Barat bekerjasama dengan Kodim 0609 Cimahi/Bandung Barat untuk membenahi sejumlah persoalan infrastruktur dan pelayanan kepada masyarakat. Seperti halnya perbaikan jalan di Desa Buninagara, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat yang berbatasan dengan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Barat Abubakar menuturkan, kerjasama yang dijalin dengan TNI ini sesuai dengan intruksi yang disampaikan oleh gubernur dan Panglima TNI untuk serentak melakukan pembangunan desa di masing-masing daerah. Menurut Abubakar, kegiatan ini terbagi pada dua hal yakni kegiatan fisik dan non fisik. ”Untuk kegiatan fisik seperti perbaikan jalan bagi masyarakat di desa. Sementara, untuk kegiatan non fisik seperti layanan KB, khitanan masal dan penyuluhan,” kata Abubakar kepada wartawan usai menghadiri acara Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS), kemarin (21/9).

Abubakar menambahkan, kegiatan ni juga sekaligus menekan bagi generasi muda agar termotivasi melakukan kegiatan bersama untuk membangun desa yang lebih baik. Diakui Abubakar, kegiatan ini sangat positif lantaran mengundang lapisan masyarakat. ”Dulu saya canangkan bulan bakti gotong royong. Kegiatan ini sama dengan gotong royong,” bebernya sambil menyebutkan kegiatan ini bersumber dari APBN/APBD.

Lebih jauh Abubakar menjelaskan, untuk menentukan desa yang akan mendapatkan kegiatan ini, melalui tahapan verifikasi serta pengecekan ke lapangan. Setelah dilakukan verifikasi dan dinyatakan layak, tentu kegiatan ini dilakukan di desa tertentu. ”Ada penilaian dulu desa yang benar-benar layak mendapatkan kegiatan ini. Pemkab dan TNI bekerjasama dalam menentukan desa-nya,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0609 Cimahi, Letkol Kav Leonard Ginting menambahkan, jalan yang diperbaiki ini total panjangnya 3.000 m2. Sementara pembukaan jalan dan perbaikan yang dilakukan kodim sepanjang 1.200 m2. ”Sisanya 1.800 m2 diperbaiki dan diaspal oleh pemkab,” katanya.

Kegiatan ini dilakukan selama 9 hari. Untuk membantu perbaikan jalan ini, kata dia, jajaran TNI yang diturunkan sebanyak 80 personel. Akses jalan yang dibuka juga salah satu pembuka jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung. ”Sehingga masyarakat yang akan melalui jalur ini akan lebih nyaman dengan jalan yang mulus,” tandasnya. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan