Nyaris Hantam Mobil dan Timpa Rumah

BANDUNG WETAN – Hujan disertai angin yang melanda Kota Bandung kemarin (21/9), mengakibatkan banyak pohon bertumbangan. Padahal, hujan yang turun tidak terlalu lama. Salah satunya di Jalan L.L.R.E Martadinata (Riau), sebuah pohon tanjung ambruk sekitar pukul 14.00.

Menurut Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung Arief Prasetya, pohon berdiameter 60 cm dan tinggi 10 meter itu jatuh karena daya cengkeram akar yang melemah. ’’Ada saluran air, jadi akar dikurangi, sehingga daya cengkeramnya kurang dan tambah tinggi. Kemudian ditambah air dari hujan jadi berat, sehingga tumbang,” terang Arief di lokasi kejadian.

Tak hanya di Jalan Riau, hal serupa terjadi di Jalan Rasamala dan Jalan Citarum. Di Jalan Rasamala, sebuah pohon tanjung menimpa warung. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya saja pohon tanjung hampir menimpa mobil yang melintas di Jalan Riau.

Saat ditanya antisipasi menghadapi musim penghujan, Arief menukas, pihaknya akan melakukan monitoring terhadap pohon-pohon yang ada di kota kembang. Distamkam juga akan melakukan pengawasan terhadap pengurangan beban pohon, seperti daun atau batang. ’’Kalau sudah berumur, kita lakukan monitoring intensif,” ungkap pria berkacamata itu.

Evi Safitri, sang pengemudi mobil yang nyaris menjadi korban tumbangnya pohon menuturkan, dirinya yang dari arah Jalan Taman Pramuka menuju Jalan Riau mengendarai secara perlahan. Beruntung dia sempat mengerem, karena melihat pohon akan tumbang. ’’Jadi saya udah lihat, pohonnya bakal jatuh, makanya saya langsung ngerem,” sahutnya.

Meski begitu, kaca lampu depan mobilnya sempat terkena pohon yang tumbang. Atas peristiwa yang menimpanya, Evi berniat meminta ganti rugi kepada dinas terkait, dalam hal ini Distamkam Kota Bandung.

Akibat tumbangnya pohon, petugas dari Polsek Bandung Wetan menutup akses sejak lampu merah Jalan Taman Pramuka hingga perempatan Jalan Cihapit. Penutupan dilakukan agar petugas Distamkam dapat memotong pohon yang tumbang menutupi badan jalan. Sempat terjadi kepadatan arus, karena pengalihan yang dilakukan polisi. Kejadian ini juga mengundang perhatian warga sekitar.

Sementara itu, akibat hujan deras disertai angin kencang menyebabkan patahnya batang pohon jenis Angsana yang menimpa sebuah rumah di Jalan Rasamala RT02 RW05, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan