Sail Tomini Jangan Senyap

PALU – Presiden memerintahkan agar Sail Tomini 2015 berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lain yang mampu mempromosikan pariwisata daerah setempat.

”Setelah acara ini harus ada tindak lanjutnya, entah tiap minggu atau tiap bulan harus ada program berkelanjutan, bukan sekali kita datang langsung senyap,” ucap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peresmian acara tersebut di Pantai Kayu Bura Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah di Pantai Kayu Bura Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu (19/9).

Acara dihadiri Presiden Indonesia Joko Widodo beserta Istrinya Iriana Jokowi, beberapa menteri dari kabinet kerja, Kapolri, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri, Duta Besar dari beberapa negara sahabat, dan beberapa pejabat lainnya.

Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi yang menghadiri acara tersebut mendukung penuh diselenggarakannya Sail Tomini 2015. Yuddy berharap kegiatan ini dijadikan momentum untuk meningkatkan industri pariwisata di Sulawesi Tengah dan sekitarnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang telah mampu menyukseskan Sail Tomini 2015. Namun menurut Presiden, alangkah baiknya jika persiapan dilakukan dua tahun sebelumnya, agar tidak terlalu mepet.

”Betapa pentingnya persiapan sebuah even, dua tahun perlu mempersiapkan diri. Sehingga saat pelaksaan sudah mendekati sempurna,” ujar Jokowi.

Dikatakan, tujuan utama diadakannya kegiatan Sail Tomini 2015 adalah untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan teluk tomini pada dunia, membangun kecintaan dan kebanggaan terhadap dunia bahari, meningkatkan citra Indonesia sebagai negara maritim dan meningkatkan kontribusi pariwisata daerah.

Sebelumnya, kegiatan sepertu ini telah diselenggarakan enam kali, berturut-turut setiap tahun sejak 2009. Dimulai dari Sail Bunaken, Sail Banda, Sail Wakatobi, Sail Belitung, Sail Morotai, Sail Komodo dan Sail Raja Empat.

Berbagai pertunjukan memeriahkan Sail Tomini diantaranya parade kapal, terjun payung, dan parade tiga pesawat Sukhoi MK 30 yang bermanuver di langit Pantai Kayu Bura. Selain itu, dipamerkan juga berbagai produk unggulan daerah sebagai penunjang destinasi wisata.

Saik Tomini dirangkai dengan pekan budaya dan pariwisata, serta tour diplomatik yang diikuti 27 negara. Di antaranya Argentina, Kanada, Belanda, Polandia, India, Bulgaria, Libya dan Persatuan Emirat Arab.

Tinggalkan Balasan