DistanKP Temukan Hewan Kurban Belum Cukup Umur

[tie_list type=”minus”]Tak Bakal Berikan Kalung Sehat[/tie_list]

SUMUR BANDUNG – Tim pemeriksa kesehatan hewan kurban dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung masih menemukan hewan kurban yang dijual belum cukup umur. Masyarakat diimbau untuk membeli hewan kurban yang memiliki kalung sehat sebagai tanda bahwa telah memenuhi kriteria layak dan sehat.

Pasar domba
FAJRI ACHMAD NF / BANDUNG EKSPRES
PERAWATAN : Penjual memberi pakan hewan ternaknya di Pasar Domba, Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (16/9). Penjualan domba tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu sekitar 25 persen. DistanKP Kota Bandung masih menemukan hewan kurban yang tidak memenuhi syarat untuk dipotong di Idul Adha.

Kepala DistanKP Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, selama sekitar satu minggu tim pemeriksa kesehatan bergerak memeriksa 5.342 ekor hewan kurban. Dengan rincian, sapi sebanyak 2.174 ekor dan domba 3.168 ekor.

’’Ada enam ekor sapi yang tidak layak karena di bawah umur. Sementara untuk domba ada 2.065 ekor yang tidak layak, yang juga karena tidak cukup umur,” ujar Elly di sela-sela acara Bandung Agri Market, Jalan Cikapundung Timur, kemarin (20/9).

Menurut Elly, hewan kurban yang belum cukup umur dipastikan tidak akan mendapatkan label kalung sehat, karena belum memenuhi kriteria layak. ’’Hewan kurban yang belum cukup umur tidak akan mendapatkan label kalung sehat, karena tidak memenuhi kriteria layak,” terangnya.

Sementara itu, untuk hewan kurban yang dalam kondisi tidak sehat, pihaknya belum menemukan. Namun jika nantinya ditemukan hewan kurban yang dijual dalam keadaan tidak sehat, pihaknya tidak akan memberikan kalung sehat hingga hewan kurban tersebut benar-benar sehat. ’’Petugas kami dibekali obat obatan hewan. Jadi kalau ada hewan yang sakit, misalkan sakit mata, kita kasih obat tetes mata dan kita pisahkan dari yang sehat. Nanti kalau sudah sehat akan dikasih kalung sehat,’’ ujar dia.

Elly mengimbau masyarakat agar memilih hewan kurban berdasarkan kriteria sehat dan layak. Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat yang akan membeli hewan kurban yakni sehat, tidak cacat dan cukup umur. ’’Kriteria sehat ini didasarkan pada pemeriksaan kesehatan hewan sebelum penyembelihan yang dilakukan oleh satgas Distan KP. Hewan kurban yang dinyatakan sehat akan dipasang kalung sehat,’’ jelas dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan