Gathering Media Qurbanisasi PKPU Bandung

BANDUNG – PKPU sebagai Lembaga Kemanusiaan Nasional sudah secara rutin setiap tahunnya menjadikan Qurban sebagai momentum besar untuk mengajak masyarakat mengoptimalkan ibadahnya dengan melaksanakan Qurban melalui program SQN (Sebar Qurban Nusantara), yang mendistribusikan hewan qurban ke pelosok Nusantara dari Aceh hingga Papua, bahkan sampai ke Luar Negeri.

Pada Qurban tahun ini tema yang diangkat PKPU yaitu ”Qurbanisasi” yang berarti perpindahan hewan qurban dari yang berkecukupan kepada yang membutuhkan. Sudah menjadi ciri khas PKPU di setiap event besar tahunan di Ramadhan & Qurban, selalu mengusung tema yang unik dan menarik. Seperti di Ramadhan kemarin PKPU mengsung Tema program ”SHARE-FEE” Berani Selfie Berani Berbagi!

Secara etimologi, ’’Qurbanisasi’’ terinspirasi dari kata ”Qurban” dan ”Urban”. Secara leksikal, ”Qurbanisasi” berarti perpindahan hewan qurban dari yang berkecukupan (wilayah urban) kepada yang membutuhkan. Melalui Qurbanisasi PKPU ingin mengajak masyarakat khususnya kaum urban untuk berqurban melalui PKPU dengan tujuan agar distribusi hewan qurban tidak lagi menumpuk di daerah perkotaan, namun dapat didistribusikan kepada seluruh saudara kita yang membutuhkan terutama yang berada di berbagai pelosok di Indonesia dan juga beberapa Negara yang sedang mengalami krisis kemanusiaan.

Pengalaman PKPU sejak tahun 2000 telah melaksanakan setidaknya lebih dari 120.665 pequrban yang telah mempercayakan pelaksanaan ibadah qurbannya kepada PKPU. Alhamdulillah semenjak tahun 2000 pun telah lebih dari 2.1 juta keluarga di Indonesia dan juga  beberapa Negara yang telah merasakan manfaat program Qurban PKPU.

Untuk Idul Adha tahun ini PKPU menargetkan penyebaran daging qurban di 114 kabupaten/kota dari Aceh hingga Papua. Sejumlah daerah yang menjadi prioritas berada di Indonesia Timur seperti Papua dan Nusa Tenggara Timur, karena daerah tersebut dinilai termasuk daerah rawan pangan.

’’Tahun ini, PKPU menargetkan 23 ribu pequrban dengan rincian 2.300 ekor sapi dan 6.893 ekor kambing. Salah satu dari keunggulan qurban PKPU yakni pemberdayaan peternak lokal, karena jauh sebelum pelaksanaan qurban, pihak PKPU telah mempersiapkan stok hewan qurban di sentral-sentral pemberdayaan PKPU yang tersebar di seluruh Indonesia,’’ ujar Rhomdhon Hidayat pada acara Gathering Media Qurban 1436 H PKPU di Bober Tropica.

Tinggalkan Balasan