KPU Mulai Bagikan Alat Peraga untuk Kampanye

KATAPANG – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung mulai membagikan alat peraga kampanye (APK) berupa pamflet dan poster kepada tiga pasangan calon (paslon) Bupati dan wakil Bupati Bandung.

APK yang jumlahnya hampir mencapai dua juta lembar tesebut, nantinya akan ditempelkan dan disebar ke seluruh wilayah Kabupaten Bandung. Di tahap pertama, tiap paslon telah diberi 333 ribu poster dan pamflet yang bisa digunakan di masa kampanye.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Bandung Pokja Logistik Agus Hasbi Noor, APK berupa brosur akan mulai dibagikan minggu depan dengan jumlah sama untuk setiap pasangan calon. ’’Kalau yang berupa umbul-umbul dan spanduk akan kami pasang langsung di setiap desa,” kata Agus usai membagikan APK tersebut di Kampung Juntigirang, Desa Banyusari, Kecamatan Katapang, kemarin (15/9).

Dengan menggunakan truk dan minibus, setiap tim dari semua paslon mengambil APK dari gudang KPU Kabupaten Bandung di Kampung Junti. Agus menjelaskan, bahwa poster dan pamflet tersebut tidak boleh dibagikan atau ditempel di tempat ibadah, kantor pemerintahan, sekolah, dan sarana publik lainnya. Untuk tiap pasangan, pihaknya sudah menyimpan 333 lembar poster dan pamflet untuk kebutuhan Panwaslu dan cadangan di setiap kecamatan. ”Nanti kalau ada yang salah cetak atau rusak, percetakan siap menggantinya,” lanjutnya.

Beragam tanggapan muncul dari masing-masing LO paslon usai pembagian APK, ada yang menyatakan kepuasannya juga kecewa dengan hasil poster dan pamflet tersebut. Salah satunya, Yana Sumarna yang merupakan LO dari paslon Sopyan Yahya-Agus Yasmin. Dia mengaku kecewa dan menyayangkan tindakan KPU yang kurang menjelaskan secara rinci terkait poster dan pamflet tersebut pada saat sosialisasi dan meminta desain poster. ”Saya kira akan seperti stiker, tinggal dibuka lapisan belakangnya dan langsung ditempelkan. Ternyata kita harus menyediakan lemnya dulu. Semua barang ini akan kami bawa dan kumpulkan di kantor Nasdem,” sahutnya.

Sementara itu LO dari paslon Dadang Naser-Gungun Gunawan dan Deki Fajar –Doni Mulyana, Kurnia senang dan puas terhadap hasil pencetakan poster dan pamflet mereka karena sesuai dengan apa yang mereka inginkan. ”Cetakan bagus sesuai dengan desain yang kami buat. Kami harap alat peraga kampanye lainnya segera didistribusikan supaya kami tidak kehabisan waktu untuk menyebarkannya,” kata Ryan Yanyan yang merupakan LO Deki-Doni.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan