Telkom Dukung Digitalisasi BPR dan BPRS

BANDUNG – Peran teknologi informasi & komunikasi (TIK) dalam memperkuat pengembangan perbankan kini menjadi keniscayaan yang tak bisa dihindari. Hal tersebut menjadi poin pembahasan dalam seminar bertemakan ”Mordenisasi Industri BPR/BPRS dalam Memperluas Akses Keuangan dan Pelayanan kepada Masyarakat” yang diselenggarakan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) pada acara Indonesia Banking Expo 2015 di JCC Jakarta belum lama ini.

Seminar dengan menghadirkan narasumber Direktur Enterprise & Business Service PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk Muhammad Awaluddin, Direktur Operasi BPD Jawa Tengah Bambang Widiyanto, dan pengamat Perbankan dari Majalah Info Bank Eko B. Supriyanto.

Menurut Awaluddin, dalam menanggapi peran digital pengembangan perbankan, PT Telkom menyatakan kesanggupan penuh guna mendukung digitalisasi perbankan khususnya bagi BPR/BPRS. ”Strategi Telkom dalam mendukung digitalisasi perbankan ini, kami istilahkan dalam konsep 3C yakni connectivity, content, dan community. Pertama, connectivity berupa penyediaan akses internet pita lebar. Kami akan mengupayakan penyediaan akses serat optik ke seluruh titik cabang BPR/BPRS,” katanya.

Untuk content, dia melanjutkan, berisikan aplikasi yang mendukung layanan mobilitas maupun non mobilitas BPR/BPRS. Di dalamnya ada layanan solusi data center, contact center, dan core banking SATU yang akan mendukung sistem manajemen BPR/BPRS ini.

Terakhir, community berupa solusi untuk kemudahan dalam melayani nasabah berupa penyediaan EDC (electronic data capture) atau perangkat pembayaran digital serta epayment lainnya.

Hingga kini, layanan core banking SATU telah dimanfaatkan 70 BPR untuk 700-an kantor cabang se-Indonesia. BUMN plat merah ini juga menyediakan kemudahan investasi BPR/BPRS dengan menyediakan manage service.

”BPR atau BPRS silahkan memilih apakah model pembiayaan bulanan atau per transaksi. Kami akan penuhi sesuai kebutuhan BPR dan BPRS,” tambah Awaluddin. Di sela-sela acara, Awaluddin turut menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman pemanfaatan TIK antara PT Telkom (Divisi Business Service) dengan BPR PRIMA.

”Intinya, kami dengan segenap kekuatan anak perusahaan, siap mendukung modernisasi BPR dan BPRS melalui layanan telecommunication, Information, media, edutainment dan services atau TIMES,” pungkas Awaluddin, yang turut didampingi Executive General Manager DBS Yusron Hariyadi. (ikn/yan/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan